TAJUK | Apresiasi untuk BPM dan LPM Hitam Putih FH Untad

- Periklanan -

BADAN Perwakilan Mahasiswa (BPM) dan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Hitam Putih Fakultas Hukum Universitas Tadulako (FH Untad) sukses menggelar acara “Meet n Greet with Najwa Shihab. Berlangsung di auditorium Untad, Kamis 2 November 2017, kegiatan ini diikuti ribuan peserta. Dosen, mahasiswa, dan siswa dari berbagai sekolah di Kota Palu hadir menyaksikan talk show bersama Najwa Shibab, Duta Baca Indonesia 2016-2020 yang bertugas menyebarkan minat baca ke seluruh penjuru negeri.

Selain relatif sukses dalam penyelenggaraan acara, kehadiran Najwa Shihab yang selama ini dikenal sebagai host Mata Najwa di salah satu stasiun televisi nasional, kegiatan ini memiliki nilai dan resonansi positif terhadap berbagai aspek. Sebab gelaran acara yang cukup spektakuler ini menjadi ajang bagi mahasiswa yang bergabung dalam kepanitiaan untuk berlatih mendesaian sebuah kegiatan secara langsung. Terlepas dari berbagai kekurangan yang mungkin muncul dalam pelaksanaan tapi mereka yang terlibat telah memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru.

Kegiatan-kegiatan semacam ini positif sebagai ajang kreativitas dan aktualisasi diri bagi mahasiswa. Meski berangkat dari segala keterbatasan, mereka yakin dan berani menggagas sebuah acara yang cukup besar. Mereka sudah berani menatap dunia luar dengan semangat yang luar biasa pula. Tidak sekadar itu, tema yang dipilih juga sangat positif dan relevan.

- Periklanan -

Positif karena berkaitan dengan peningkatan minat baca masyarakat. Semua buku yang terkumpul dari peserta akan disebar ke daerah-daerah pelosok yang masih sangat membutuhkan bahan bacaan. Di sana, masih banyak anak-anak negeri yang terbatas aksesnya terhadap buku. Padahal buku adalah jendela dunia. Inilah kontribusi nyata dari mahasiswa bagi masyarakat dan lingkungannya. Dari sini kepekaan sosial akan terasah. Dan itu penting sebagai modal sosial para calon pemimpin masa depan.

Kegiatan ini sangat relevan mengingat minat baca masyarakat Indonesia masih sangat memprihatinkan. Berdasarkan studi Most Littered Nation in the World 2016 yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Maka dengan menebar virus literasi ke penjuru negeri, mahasiswa sebetulnya telah berkontribusi nyata untuk mewujudkan salah satu tujuan negara, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hal lain yang patut diapresiasi dari kegiatan yang telah dilakukan oleh BPM dan LPM Hitam Putih Fakultas Hukum Untad adalah mengembangkan suasana kehidupan kampus yang dinamis tapi sangat kental dan sarat dengan nilai-nilai akademik. Suasana dan nuansa seperti inilah yang perlu terus ditumbuhkembangkan dan dirawat di kampus-kampus. Mahasiswanya kreatif dan tidak apatis. Mahasiswanya dinamis tapi sekaligus memegang teguh etika dan kultur akademik.

Semoga kegiatan ini menjadi teladan yang menginspirasi untuk yang lain. Karena mahasiswa menurut Najwa adalah anak-anak muda pilihan yang berkesempatan meneguk dalamnya sumur ilmu pengetahuan. Sangat disayangkan jika momentum terbaik ini dilewatkan hanya dengan hura-hura atau tidak berbuat sama sekali. Atau justeru dilewatkan dengan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun lingkungan.  (**)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.