TAJUK | Agar Generasi Muda Cinta Tanah Air

- Periklanan -

Ilustrasi (@jpnn.com)

UPAYA penanaman rasa cinta terhadap tanah air menjadi konsen pemerintah akhir-akhir ini. Sasaran program ini terutama ditujukan kepada kalangan generasi muda. Kecintaan terhadap tanah air dinilai sedang mengalami cobaan yang berat. Terutama dengan berkembangnya paham radikal, munculnya perang proxy, dan perkembangan informasi yang demikian cepat tanpa kontrol.

Banyak pihak mengkhawatirkan jika tidak diantipasi sejak dini maka gejala ini dapat berakibat fatal bagi masa depan bangsa dan negara.  Maka berbagai cara dilaksanakan pemerintah saat ini yang orientasinya pada penanaman nilai-nilai kepada generasi muda agar makin cinta kepada tanah air. Salah satunya adalah program bela negara dan program lain yang bermuara pada deradikalisasi.

Semua upaya itu positif adanya. Namun pada saat bersamaan mesti dilakukan langkah yang lebih konkret. Tidak sekadar sosialisasi, deklarasi, pidato, dan pelatihan-pelatihan yang sifatnya seremonial. Langkah konkret dimaksud adalah pentingnya teladan bagi generasi muda. Para pemangku jabatan publik dan mereka yang sedang diberi amanah oleh negara perlu menularkan teladan bagi lingkungan sekitarnya.

- Periklanan -

Perlunya kesesuaian antara ucapan dan perbuatan. Informasi tentang pengadaan sepatu anggota Paskibraka di Kabupaten Morowali Utara yang baru dipakai dua minggu sudah terkelupas merupakan sebuah contoh buruk. Para anggoat Paskibraka sedang diajarkan kedisiplinan dan cinta tanah air. Pada saat yang sama mereka dihadapkan pada kenyataan yang tidak sewajarnya.

Sepatu latihan yang dibagikan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga sebagai penanggung jawab kegiatan terkesan seadanya. Satu hal yang sangat memalukan dan tidak pantas dipertontonkan kepada generasi muda. Demikian pula dengan beredarnya informasi negatif tentang pengelolaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) di bawah naungan Dinas Pemuda dan Olahraga Sulteng. Informasi tentang makanan yang diduga tidak sesuai standar gizi bagi para atlet merupakan hal yang tidak patut.

Terutama karena yang merasakan dampak semua ini adalah generasi muda yang kelak akan menjadi pemimpin pada masanya. Jika sejak awal mereka sudah dibiasakan dengan praktik-praktik yang kurang terpuji, dikhawatirkan hal itu akan mempengaruhi cara berpikir mereka. Ketika kelak mendapat kesempatan pada posisi yang sama,  hal serupa bisa dilakukan. Kemungkinan lain akan muncul ketidakpercayaan mereka pada pejabat publik.

Sikap apatis akan muncul. Sebab di satu sisi mereka mendapat materi dan pengarahan tentang pentingnya kedisiplinan, kejujuran, dan cinta tanah air tapi pada saat bersamaan mereka menjadi korban ketidakjujuran. Cinta tanah air akan tumbuh jika ada perasaan senasib sepenanggungan seperti yang terjadi di masa-masa perjuangan dan awal kemerdekaan.

Mana mungkin akan lahir perasaan senasib sepenanggungan jika sebagian kecil orang di lingkaran kekuasaan justeru mempermainkan nasib orang-orang yang kurang beruntung dan mendapat kesempatan. Cinta tanah air hanya akan tumbuh jika keadilan mampu dihadirkan oleh negara.  (**)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.