Tahapan Pilrek Untad Dilanjutkan

- Periklanan -

PALU – Tahapan suksesi kepemimpinan di Universitas Tadulako (UNTAD) akan dilanjutkan setelah berbulan-bulan tidak ada informasi dari pusat.
Informasi dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), disebutkan bahwa proses penyaringan bakal calon Rektor direncanakan pada 28 Januari 2018 sebagai waktu yang tepat setelah wisuda 24 Januari 2019.
Dalam tahapan ini, akan disaring tiga dari empat bakal calon Rektor menjadi calon Rektor yang akan ikut pada tahapan pemilihan.
Berkenaan dengan itu, saat dikonfirmasi, Rektor UNTAD, Prof. Dr. Ir. Muhammad Basir Cyio SE. MS, menyampaikan bahwa pihaknya telah mendapatkan informasi terkait rencana tersebut. Pihak Kemenristekdikti, ujar Prof Basir Cyio, telah memberi ancang-ancang akhir Januari 2019 sehingga kita berharap tahapan penyaringan dapat terlaksana pada 28 Januari.
“Dalam tahapan ini, empat bakal calon Rektor akan memaparkan visi, misi, dan program kerja. Sebelumnya, tahapan ini tidak melibatkan Pihak Kemenristekdikti, namun sekarang harus ada persetujuan dari Kemenristekdikti karena akan ada perwakilan Pak Menteri yang dapat mendengarkan langsung pemaparan visi, misi, dan program kerja setiap balon,” jelas Prof Basir Cyio.
Disinggung terkait proses suksesi, Prof Basir Cyio mengharapkan agar proses itu dapat berjalan dengan baik dan lancar. Hal itu karena Pihaknya telah membentuk panitia sejak Januari 2018 atau 14 bulan sebelum 5 Maret 2019 sebagai masa berakhir kepemimpinan Prof Basir Cyio yang telah memimpin UNTAD dua periode. Pembentukan panitia sejak jauh hari itu, lanjut Rektor, dilakukan dengan harapan agar seluruh tahapan, mulai dari penjaringan, penyaringan, pemilihan, hingga pelantikan bisa berlangsung tepat waktu. Atau paling lambat 5 Maret 2019 telah dilakukan pelantikan Rektor UNTAD periode 2019-2023, jelas Prof Basir Cyio.
Lebih lanjut, dengan adanya rencana penyaringan pada 28 Januari nanti, Prof Basir Cyio menaruh harapan agar proses itu berlangsung dengan baik. Rektor mengharapkan, agar setelah penyaringan pada 28 Januari, dapat dilakukan pemilihan pada pekan kedua Februari.
“Sehingga, pelantikan Rektor UNTAD dapat dilangsungkan tidak lewat daei 4 Maret 2019 karena pada periode kedua ini, saya dilantik pada 5 Maret 2015 lalu. Ini tentu harapan kita. Semua proses ini diharapkan dapat berlangsung dengan baik dan lancar, demi dan untuk perguruan tinggi tercinta kita, Universitas Tadulako,” jelas Rektor. (ron)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.