Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Tabrak Pohon Tumbang, Mobil Avanza Ringsek

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Mobil Toyota Avanza warna silver menabrak pohon tumbang di sekitaran Jalan Kartini, Kota Palu. (Foto: Emil)

PALU – Mobil Toyota Avanza warna silver dengan nomor polisi DN 527 AA ringsek bagian depan hingga ke belakang akibat menabrak pohon yang tumbang di sekitaran Jalan Kartini, Kota Palu, Minggu (2/7), sekitar pukul 04.00 Wita.

Menurut keterangan warga setempat, diduga pengemudi mengantuk, hingga menabrak pohon yang tumbang sekitar pukul 01.00 Wita.

“Padahal sudah diletakan tanda larangan yaitu untuk tidak melintasi jalan ini, tapi ini mobil tetap lewat dengan kecepatan yang tinggi, hingga menabrak pohon tumbang itu, mungkin disebabkan mengantuk mba,” ujar Feri kepada Radar Sulteng saat ditemui di TKP, kemarin (2/7).

Dalam kejadian ini tak ada korban jiwa. Namun pengemudinya mengalami luka parah dan telah dilarikan ke rumah sakit.

Warga sekitar membantu petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu untuk menyingkirkan dahan dan batang pohon yang berada di atas mobil nahas tersebut.

“Jam 8 pagi kami sibuk menghilangkan dahan kayu yang berada di atas mobil ini, karena tak kuat akhirnya kami pakai bantuan sensor supaya dapat disingkirkan dahan kayu itu,” tambah Feri lagi.

Dari kejadian itu, dia berharap agar pohon-pohon yang gampang rapuh dan usianya sudah tua agar diremajakan. Sehingga tidak ada lagi terjadi kecelakaan seperti ini.

“Saya berharap dengan kejadian ini, pemerintah perhatikanlah mana pohon-pohon yang mengganggu keselamatan orang-orang yang melintas di jalan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau (RTH) Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu, Moh Nasir Mangge mengatakan, pohon yang tumbang tersebut merupakan jenis trembesi. Diakuinya, pohon tersebut belum terlalu tua sehingga belum ditebang. Menurut dia, pihaknya juga sering memantau pohon-pohon sehingga jika ada yang sudah sangat membahayakan, pasti akan ditebang sebelum tumbang.

“Pohon Trembesi memang pohon yang mudah tumbang di musim penghujan,” tutur Nasir Mangge kepada Radar Sulteng dihubungi, kemarin (2/7).

Diungkapkannya, pohon yang berada di Jalan Kartini sering dipangkas pihak PLN. Apalagi jika bagian dari pohon sudah menyentuh kabel dan tiang listrik pasti akan dipangkas pihak PLN. Makanya kata dia, pohon sudah tidak seimbang. Ditambah lagi saat pembuatan drainase, akar pohon juga banyak yang tercabut sehingga makin mengurangi kekuatan pohon menancap di tanah. Akibatnya, ketika hujan deras melanda pohon sangat rentan tumbang.

Namun saat pohon itu tumbang, lanjut Nasir, sudah diberi tanda penghalang agar tidak ada kendaraan yang melintas. Pasalnya, saat itu pihaknya tidak bisa langsung menyingkirkan pohon tersebut karena peristiwa pohon itu tumbang sudah tengah malam.

“Malamnya, pas pohon tumbang sudah dipasang tanda larangan. Mungkin pengemudinya tidak perhatikan dan kurang kontrol,” jelasnya.

Nasir menambahkan saat pagi hari, pihaknya dengan segera menyingkirkan pohon yang menghalangi jalan tersebut. Untuk mengantisipasi pohon-pohon yang tumbang, pihaknya sudah merencanakan akan melakukan peremajaan. Untuk ke depan, Nasir menjelaskan, pohon yang akan ditanam ialah pohon mahoni yang secara teknis terbukti kuat dan mampu bertahan lama.

Sementara itu, di beberapa ruas jalan lain di Kota Palu kata Nasir juga masih rawan. Sehingga masyarakat diminta berhati-hati saat mengemudikan kendaraan.

“Yang masih rawan di sekitaran Jalan Tombolotutu dan Hang Tuah, karena wilayah situ juga banyak pohon-pohon yang sewaktu-waktu dapat membahayakan,” pungkasnya.

Sementara Kanit Laka Lantas Polres Palu, Iptu Moh. Abdu, juga membenarkan kejadian tersebut. Diungkapkannya, peristiwa tersebut merupakan kecelakaan tunggal yang terjadi sekitar pukul 04.00 Wita. Diduga sopir yang mengendarai mobil Toyota Avanza silver tersebut dalam kondisi mengantuk, yang mengakibatkan jarak pandang terbatas dan tidak dapat mengetahui adanya pohon tumbang memotong Jalan RA Kartini.

“Karena kejadian ini Laka tunggal, mobilnya sudah diambil pemiliknya, dan informasi korban masih dalam perawatan di rumah sakit,” ungkap Abdu yang dihubungi melalui telepon kemarin. (cr1/saf/cr3)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.