Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Syamsudin Salakea ke Buol Akan Bertemu Ketua IKIB

PALU-Salah seorang tokoh masyarakat Buol yang menetap di Kota Palu, Amat Entedaim, mengungkapkan perkembangan terkini mengenai rencana tidak lanjut bakal digelarnya Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Keluarga Indonesia Buol (IKIB) kepada Radar Sulteng, Kamis (24/10).

Amat menginformasikan, bahwa sebuah tim penggagas Mubes telah menggelar rapat terbatasnya di sebuah café di Kota Palu, pada Rabu malam (23/10).

“Dalam rapat malam itu, kami sudah membahas berbagai usulan warga Buol yang ada di Kota Palu yang berkembang saat ini, salah satunya agar selekasnya digelar Musyawarah Besar IKIB. Organisasi kemasyarakatan (ormas) berbentuk paguyuban (suku) dengan nama IKIB, ini akan menjadi wadah berhimpunnya warga Buol kedepan, “ ujar amat Entedaim, Kamis kemarin.

Karena dipandang strategisnya usulan-usulan warga Buol tersebut, sehingga disepakatilah dalam rapat, agar sesepuh warga Buol di Kota Palu Ir. H. Syamsudin Salakea untuk segera berangkat ke Buol dengan tugas menemui Ketua Umum (Ketum) IKIB H. Ibrahim Timumun, dalam rangka mendapatkan tandatangan komposisi kepanitiaan Mubes dari Ketum IKIB.

“Yah kami sudah menyepakati bahwa bapak Haji Syamsudin Salakea orang tua dan sesepuh kami, juga inisiator dan pendiri IKIB untuk bertemu Ketua Umum IKIB saat ini Haji Ibrahim Timumun, sekaligus membahas Mubes yang akan digelar. Harapan kami, semoga draf kepanitiaan Mubes disetujui dan ditandatangani oleh Ketua Umum, “ papar Amat lagi.

Namun, bila tidak mendapatkan hasil apa-apa, misalnya Ketum enggan menandatangani draf kepanitiaan Mubes itu, maka tim yang sempat rapat diantaranya Amat Entedaim akan memusyawarahkan hasil pertemuan itu kepada seluruh warga Buol yang ada di Palu untuk meminta pandangan dan pendapatnya, apa seharusnya yang akan dilakukan oleh warga Buol diperantauan.

Salah satu kemungkinan yang akan muncul, tandas Amat Entedaim, adalah menggelar Mubes luar biasa, atau membentuk wadah berhimpun yang baru. Pemikiran itu muncul disebabkan alotnya pemberian izin Mubes dari ketum IKIB, yang hingga hari ini belum juga memberi “lampu hijau” apakah Mubes itu jadi digelar atau tidak. Meski warga Buol juga mengetahui bahwa sang Ketum IKIB masih menderita sakit. Tetapi dalam setiap postingan di WA group warga Buol di Palu, tampak di foto Ketum IKIB lagi berbaring ataupun kadang-kadang duduk dan diinfus, sedang mendapatkan perawatan medis.

Pantauan media ini, seluruh warga Buol yang ada di Palu memang terkesan sudah sangat rindu bahkan menginginkan wadah berhimpun itu segera terbentuk. Dengan harapan, warga Buol diperantauan bisa berbuat banyak, salah satunya memikirkan untuk pengadaan kantor warga kerukunan, pengadaan mobil ambulance, dan menjadwalkan sebuah pertemuan rutin untuk silaturahmi warga Buol di perantauan.

Dinamika warga Buol pun sudah mendata siapa saja yang bisa menjadi bakal calon (balon) pemimpin IKIB atau ormas baru warga Buol dirantau ke depan. “ Rapat demi rapat dan juga pembentukan group WA warga Buol kami lakukan hanya karena adanya rasa rindu yang kuat untuk menghadirkan sebuah wadah berhimpun, dan wadah bersilaturahmi warga Buol di perantauan, “ tegas Amat.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.