Sulteng Kini Miliki Lapas Khusus Anak

- Periklanan -

Ilustrasi (@jpnn.com)

PALU – Bambang Haryono saat menjabat sebagai Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah pernah mengatakan Lapas khusus anak dan perempuan sudah menjadi kebutuhan mendesak di Sulteng. Dan menjadi tugas Kakanwil baru, Iwan Kurniawan untuk terus memperjuangkan ke pusat, agar Lapas khusus anak dan perempuan dapat di bangun di daerah ini.  Awal tahun 2017 ini, rupanya Irjen Kemenkumham RI, resmi merealisasikannya.

Meski saat ini Lapas khusus anak dan perempuan masih satu atap dengan Lapas klas II A Palu, tetapi Lapas khusus anak dan perempuan tersebut telah resmi memiliki pimpinan sendiri. Kepala Subseksi Kedisiplinan Lapas khusus anak, Rais Laturuka mengatakan, di awal tugas barunya di Lapas khusus anak, sejumlah kebutuhan anak yang tersandung hukum menjadi perhatian.

- Periklanan -

“Prioritas kami adalah memberikan berbagai bidang pendidikan kepada anak-anak ini. Mereka kami bekali pendidikan yang sama sebagaimana siswa-siswa yang saat ini belajar di bangku sekolah. Pelajaran agama, budi pekerti, keterampilan, olah raga, dan lain-lain. Meski tidak mendapatkan ijazah, tapi paling tidak, mereka tidak merasa terkucilkan saat berada di alam bebas,” ungkap Rais kepada Radar Sulteng di Lapas Palu, belum lama ini.

Dikatakan Rais, jumlah penghuni Lapas khusus anak saat ini, sebanyak 11 orang dari sebelumnya 13 orang. Berkurangnya jumlah itu kata Rais disebabkan, dua tahanan khusus anak telah dipindahkan di ruangan tahanan dewasa. “Dua anak dipindahkan itu, sudah cukup umur seiring dengan waktu masa penahanan mereka. Maka itu, kini mereka dipindahkan ke tahanan dewasa,” terang Rais.

Disinggung soal adanya fasilitas di Lapas khusus anak, Rais mengaku tentu saja masih serba kekurangan, tapi hal tersebut dimaklumi, sebab Lapas khusus anak saat ini belum memiliki bangunan sendiri. “Baik ruangan pegawai maupun ruangan khusus anak, saya pikir cukuplah untuk sementara, sembari menunggu gedung sendiri. Kalau tidak salah, mungkin gedung Lapas khusus anak ini akan di bangun di Kabupaten Sigi,” pungkasnya.(mul)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.