Sulteng dan Sigi Raih Anugerah Pangripta Nusantara 2017

- Periklanan -

Bupati Sigi Irwan Lapata (kiri), Gubernur Sulteng H Longki Djanggola (tengah) didampingi Kepala Bappeda Sulteng Patta Tope usai menerima APN 2017 dalam Musrenbangnas di Hotel Bidakara, Jakarta Rabu, (26/4). (Foto: Bappeda Sulteng)

PALU- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah kembali meraih penghargaan pemerintah pusat. Presiden Joko Widodo menyerahkan Anugerah Pangripta Nusantara (APN) 2017 kepada Gubernur Sulawesi Tengah, Drs H Longki Djanggola MSi dan Bupati Sigi, Irwan Lapata, di Hotel Bidakara, Jakarta Rabu, (26/4).

Dalam rangkaian Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2017, Sulteng ditetapkan sebagai penerima APN 2017 kategori provinsi dengan peningkatan tertinggi kualitas perencanaan. Sedangkan Kabupaten Sigi ditetapkan terbaik III kategori kabupaten dengan perencanaan terbaik.

Anugerah tertinggi di tingkat nasional ini diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk pencapaian prestasi dalam perencanaan pembangunan.

Dalam Surat Keputusan Menteri PPN/Bappenas, Bambang Brodjonegoro disampaikan Anugerah Pangripta Nusantara 2017 diberikan kepada 5 provinsi, 3 kabupaten dan 4 kota dengan kategori berbeda.

- Periklanan -

Rinciannya, untuk kategori provinsi dengan perencanaan pembangunan terbaik diraih oleh Daerah Istimewa Yogyakarta pada peringkat pertama disusul oleh DKI Jakarta dan Provinsi Sumatera Selatan.  Lalu pada kategori inovasi terbaik dalam perencanaan pembangunan hanya 1 provinsi yang dapat memenuhi kualifikasi yakni DKI Jakarta. Sementara untuk kategori peningkatan tertinggi dalam kualitas perencanaan hanya Provinsi Sulawesi Tengah yang memenuhi kualifikasi.

Adapun pemerintah kabupaten/kota yang berhasil meraih kualifikasi pada kategori perencanaan pembangunan terbaik adalah, Pemkab Tabanan, Bali, kemudian Pemkab Ende, Nusa Tenggara Timur dan Pemkab Sigi, Sulteng. Lalu untuk Pemkot yang memenuhi kualifikasi pada kategori itu adalah Pemkot Batu, Jawa Timur, Pemkot Pekalongan, Jawa Tengah dan Pemkot Tanjung Pinang Kepulauan Riau. Untuk kategori inovasi terbaik dalam perencanaan diraih oleh Pemkot Muara Enim, Sumatera Selatan.

Gubernur Longki Djanggola usai menerima penghargaan itu menyampaikan terima kasih dan penghargaannya kepada seluruh masyarakat Sulteng dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintah Provinsi Sulteng serta pemerintah kabupaten/kota yang telah bekerja keras, bahu membahu, membangun dan memajukan Sulawesi Tengah.

“Untuk kesekian kalinya kita menerima Anugerah Pangripta Nusantara dan penghargaan-penghargaan lainnya dari pemerintah pusat. Ini membuktikan bahwa kita semua telah bekerja keras untuk mewujudkan cita-cita pembangunan Sulawesi Tengah menuju kemajuan, kemandirian dan kemampuan berdaya saing. Dan kita merupakan satu-satunya pemerintah provinsi di Kawasan Timur Indonesia yang meraih anugerah ini,” sebut Longki.

Kepala Bappeda Sulteng, Prof Dr rer Pol Patta Tope SE, yang mendampingi Gubernur Longki menyatakan bahwa cita-cita kita bisa sejajar dengan Provinsi maju lainnya di kawasan timur Indonesia sudah bisa dibuktikan. ‘’Maka sekarang kita bisa membuktikan bahwa kita bisa sejajar dengan provinsi maju lainnya di kawasan barat Indonesia,’’ katanya.

Untuk diketahui pemberian anugerah dalam Musrenbangnas 2017 bertema Memacu Investasi dan Infrastruktur untuk Pertumbuhan dan Pemerataan ini dihadiri seluruh pimpinan lembaga tinggi negara, para menteri dan kepala lembaga pemerintah non kementerian, para gubernur hingga para bupati/wali kota.(awl/*)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.