Suhu Kota Palu Bisa Capai 39,6 Derajat Celcius

- Periklanan -

NORMAL: Pada 21 Maret, hari ini, adalah puncak dari equinox. Fenomena di mana matahari ada di lintasan garis khatulistiwa. (Foto:MugniSupardi)

PALU – Dalam catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas II Palu, suhu kota Palu pernah menyentuh angka 39,6 derajat celcius, ketika itu fenomena equinox pada 5 September 2001 silam.

Tepat pada, Selasa (21/3) hari ini, puncak dari peristiwa equinox, yaitu fenomena di mana matahari ada di lintasan garis khatulistiwa kembali terjadi. Stasiun Meteorologi Klas II Palu memprediksikan suhu di Kota Palu masih di batas normal hingga siang harinya, yaitu mencapai 35-36 derajat celcius.

“Meskipun equinox, suhu di sini (Palu, red) masih terbilang normal,” kata Kepala Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Klas II Palu, Warjono, kepada Radar Sulteng, Senin (20/3).

- Periklanan -

Dengan suhu 35-36 derajat celcius, kata Warjono, masyarakat Kota Palu pastinya sudah terbiasanya, apalagi dalam tiga hari terakhir puncak maksimalnya suhu berada di angka 36,2 derajat celcius. “Ini terjadi pada tanggal 17 Maret lalu, sekitar pukul 1 siang. Pokoknya dari pukul 12 sampai 2 siang kemungkinan suhu bisa mencapai 36 derajat besok (hari ini, red),” sebut Warjono.

Forecaster Stasiun Meteorologi Klas II Palu, Ajeng menjelaskan, fenomena equinox ini terjadi dua kali dalam setahun. Pertama di bulan Maret dan puncaknya akan terjadi pada tanggal 21. Kedua di bulan September dan puncaknya terjadi pada tanggal 23.

“Kalau dampak suhunya memang ada, tapi tidak sesignifikan dengan pemberitaan yang berkembang hingga 40 derajat celcius,” jelas Ajeng.

Menurut Ajeng, masyarakat tak perlu khawatir jika ingin beraktivitas di luar rumah pada besok (Hari ini, red), apalagi kemungkinan terjadi hujan ringan di pagi harinya. Hanya cuaca berubah di siang harinya seperti salah satunya kecepatan angin yang cenderung kencang di kisaran 20-25 knot maksimalnya.

“Untuk penerbangan sih lumayan, apalagi kalau siang hari biasa ada gusty atau fluktuasi kecepatan angin yang berubah signifikan secara tiba-tiba dalam durasi singkat biasanya dalam beberapa detik di sekitar Bandara,” pungkasnya. (acm)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.