Sudah Over Kapasitas, Rutan Palu Tetap Terima Wabin Baru

- Periklanan -

Sopian (Foto;Safrudin)

PALU – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II A Palu yang terletak di Jalan Balu, Kota Palu, sudah melebihi kapasitas bahkan hingga 200 persen. Jumlah warga binaan yang ideal di Rutan tersebut menurut Kepala Rutan Klas II A Palu, Sopian, yakni 120 orang. Namun untuk sekarang, warga binaan sudah mencapai 360 orang.

“Di Rutan ini sudah over kapasitas. Bahkan mencapai 200 persen,” kata Sopian kepada Radar Sulteng, ditemui di ruang kerjanya, Rabu (22/2).

Namun Sopian menjelaskan, sekalipun kapasitasnya sudah melebihi yang sewajarnya, pihaknya tidak bisa menolak jika ada warga binaan (Warbin) baru yang masuk. “Yang masuk, kita tidak dapat menolaknya. Karena aturannya mengatakan demikian,” jelasnya.

- Periklanan -

Selain Warbin yang berlebihan, lanjut Sopian, hal tersebut tidak diimbangi dengan penambahan jumlah petugas. Makanya kata dia, petugas yang mengawasi Warbin seringkali kewalahan. Karena dengan begitu banyaknya Warbin yang mesti dijaga.

“Saya berharap ada penambahan jumlah petugas yang berimbang dan memadai,” tambahnya.

Selain itu, dengan lokasi bangunan Rutan saat ini, Sopian berharap bisa direlokasi ke tempat yang lebih luas. Sehingga menurutnya, ada perimbangan antara jumlah Warbin dengan lokasi Rutan.

“Salah satu cara agar mengurangi warga binaan ialah dengan pemberian cuti bersyarat dan pembebasan bersyarat sehingga narapidana dapat cepat bebas dan kapasitas Rutan bisa dikurangi,” pungkas Sopian. (saf)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.