Strategi Pertama, Pasang Perangkap Dekat Jembatan II

- Periklanan -

PALU – Strategi pertama yang dilakukan oleh ahli pemerhati buaya Australia Matt Wright dan Chris Wilson serta Satuan Tugas (Satgas) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulteng untuk menangkap buaya berkalung ban (B3) ialah dengan memasang perangkap terapung di sekitar reptil ini berjemur, di Jembatan II, Jalan I Gusti Ngurah Rai, Selasa (11/2).

Perangkap yang terbuat dari besi itu dibuat berbentuk persegi panjang dengan ukuran lebar 120 cm, tinggi 120 cm dan panjang kurang lebih 500 sampai 600 cm.

Perangkap besi mengapung di sungai ini dengan menggunakan 6 buah drum plastik di sisi kanan dan kiri.

- Periklanan -

Ketua Satgas Penanganan Satwa sekaligus Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Pangi BKSDA Sulteng, Haruna, mengatakan cara ini diambil dengan harapan B3 masuk di dalam perangkap. Kondisi perangkap juga dibuat lebih besar dari ukuran si B3, sehingga membuat leluasa ketika B3 masuk ke perangkap. “Untuk menarik B3 masuk perangkap ada itik yang jadi umpan,” kata Haruna.

Di tempatkan perangkap ini akan dilakukan pantauan secara terus menerus di lokasi. Matt dan Chris setelah mendapat izin dari Kementerian memang langsung tancap gas dengan membuat perangkap dengan idenya. Kehadiran dua WNA ini juga menarik perhatian masyarakat kemarin. Baik dari sisi timur dan barat di dekat Jembatan II dipenuhi masyarakat yang ingin menyaksikan aksi dari Matt dan Chris.

B3 sendiri kemarin, sempat berjemur dimana lokasi penempatan perangkap, namun itu sebelum perangkap datang. Selama proses pemasangan perangkap B3 tidak menampakan tubuhnya dari dalam air. sekitar pukul 19.00 wita, B3 terlihat di bagian atas dari lokasi perangkap tersebut.

Dampak dari operasi ini sendiri membuat kemacetan di Jalan I Gusti Ngurah Rai atau di sekitar Jembatan II, bahkan sempat pihak kepolisian membuat satu arah untuk mengatur arus lalu lintas menjadi lancar. Jalan di sekitar I Gusti Ngurah Rai juga mendapat imbas dari kemacetan. (acm)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.