Start dari banggai, TdCC 2018 akan Berjarak 840 KM

- Periklanan -

Para pebalap melintas jalur tanjakan di kebun kopi Kabupaten Parigi Moutong, Rabu (8/11) lalu. (Foto: Ahmad Ibrahim)

PALU– Berdasarkan hasil evaluasi, Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola MSi menyatakan pelaksanaan Tour de Central Celebes (TdCC) 2017 dinyatakan sukses. Kini, pelaksanaan iven internasional itu mulai dipersiapkan, termasuk mendaftarkan TdCC masuk dalam Federasi Balap Sepeda Dunia atau Union Cycliste Internationale/UCI.

Tidak hanya itu, dalam rapat monitoring dan evaluasi sebelumnya, Kabupaten Sigi yang sebelumnya hanya menjadi jalur yang dilewati, akan menjadi tempat finish dan star.

Dr Hasan dari Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) yang dalam rapat evaluasi di Pogombo belum lama ini menyampaikan meskipun belum pra survey, berdasarkan estimasi sementara rute TdCC 2018 sepanjang 840,9 kilometer. Estimasi ini bersifat sementara dan masih akan dilakukan perbaikan berdasarkan saran dan masukan.

‘’Estimasi kami ini sesuai dengan perkiraan Gubernur yang nantinya akan menempuh jarak sekitar 800-900 kilometer,’’ ungkap Dr Hasan pada rapat evaluasi 22 November lalu.

- Periklanan -

Dikatakannya estimasi sementara untuk Etape pertama nantinya dari Kabupaten Banggai, rencana star dari depan kantor Bupati Banggai dan finish depan kantor camat Buta Luwuk dengan jarak tempuh 150 kilometer.

‘’Ini semua kami sampaikan sifatnya masih berupa estimasi. Mohon saran dan masukannya kepada kami. Sesuai keinginan Gubernur kita akan melakukan luv beberapa kali mengitari kota,’’ katanya.

Selanjutnya rencana etape II, star dari Desa Balingara, Ampana yang merupakan perbatasan antara Banggai dan Touna. Finish nantinya akan berada di depan kantor Polres Poso.

‘’Jadi kita tidak masuk ke Tentena dulu. Kita finish-nya di depan kantor Polres Poso dengan jarak 200 kilometer,’’ terangnya.

Kemudian untuk Etape III, direncanakan seluruh pembalap akan ditransfer ke Tentena dan star dari Danau Tektonik Poso kemudian finish di depan kantor Bupati Parimo dengan estimasi jarak 192,9 km. Di Parigi Moutong, Etape IV, kembali dilakukan transfer para pembalap ke Desa Khatulistiwa dan finish di depan kantor bupati Sigi, dengan jarak 174 kilometer.

Selanjutnya etape V pembalap ditransfer ke Donggala, Surumana dan finish depan kantor gubernur dengan jarak tempuh 124 KM. Inilah estimasi rute yang nantinya akan di lakukan pra survey dan survey TdCC 2018.(awl)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.