Sosialisasi untuk Memahami Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih

- Periklanan -

PALU-Saat ini KPU Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), tengah memasuki tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020, selanjutnya telah menggelar sosialisasi untuk tahapan ini, yang dilaksanakan di aula KPU Sulteng, Selasa (4/8).

Dalam laporan panitia yang disampaikan, Kepala Bagian (Kabag) Hukum, Teknis, dan Hupmas KPU Sulteng, Sri Ardawati, SH, bahwa dasar hukum pelaksanaan kegiatan sosialisasi adalah UU No. 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas UU No. 1 Tahun 2015. Peraturan KPU No. 5 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan KPU (PKPU) No. 15 Tahun 2019. Kemudian PKPU No. 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Covid-19. Serta PKPU No. 19 tahun 2019 tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun 2020.

- Periklanan -

“ Tujuan pelaksanaan kegiatan sosialisasi PKPU no. 19 tahun 2019 ini gunanya untuk bersama-sama mengetahui setiap proses tahapan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih, “ kata Sri Ardawati.

Dikatakannya, narasumber yang akan tampil dalam sosialisasi berasal dari KPU Sulteng, Bawaslu Sulteng, dan Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Pemerintah provinsi (Pemprov) Sulteng. Sementara peserta kegiatan sosialisasi sebanyak 30 orang, terdiri dari pengurus dan anggota partai politik (Parpol) 16 orang, Badan Kesbangpol 1 orang, Komisi Informasi dan Penyiaran (KIP) 1 orang, Biro Otonomi Daerah Pemprov Sulteng 1 orang, organisasi kemasyarakatan (Ormas) 6 orang, dan media massa 5 orang.

“ Sedangkan pembiayaan sosialisasi bersumber dari dana hibah APBD tahun anggaran 2019, “ pungkasnya.(mch)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.