Solusi Islami Mencegah Inveksi Menular Seksual & HIV

- Periklanan -

Oleh : Moh Fadli Alhasni (Program/Monev KPA Prov. St)

Di Sulawesi Tengah jumlah orang yang terpapar HIV cukup besar dan cenderung meningkat. Perilaku homo seksual & hetero seksual, berganti-ganti pasangan mendominasi angka kasus HIV di Sulteng yang saat ini mencapai : 2.178 kasus dan AIDS : 982 kasus (sumber data: Dinkes Prov.Sulteng secara kumulatif th.2002 s/d desember 2020). Temuan kasus tersebut baru mencapai : 46,32 % jika menggunakan estimasi kasus HIV di Sulawesi tengah th. 2020 yaitu :4.702 kasus.

Kasus HIV yang terus meningkat tentu menjadi salah satu permasalahan penting tergantung bagaimana kita dalam menyikapinya. allah swt berfirman dalam surah ar-rum ayat 41โ€™โ€™
โ€˜โ€™telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).

- Periklanan -

Dalam konteks HIV, Islam bisa dijadikan sebagai kacamata dalam memandang permasalahan terkait HIV & NAPZA dengan bukti (dalil) dari sumber hukum Islam(Alquran,hadits,qiyas,& ijmaโ€™)
Pengharaman zina : Dalam Alquran, Allah secara jelas telah memberikan kiat penangkal Virus yang berbahaya itu. ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽู‚ู’ุฑูŽุจููˆุง ุงู„ุฒู‘ูู†ูŽุง ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ูƒูŽุงู†ูŽ ููŽุงุญูุดูŽุฉู‹ ูˆูŽุณูŽุงุกูŽ ุณูŽุจููŠู„ู‹ุง ”Wala taqrabu al-zinaโ€™โ€™ (Janganlah kamu mendekati zina)” (Al Isra, 17:32). Zina itu adalah suatu faisyah (keji/jelek) dan jalan yg buruk. Kalau kita renungkan, dapat ditemukan suatu maksud tersirat dari kata โ€˜janganlah mendekati zina!โ€™ bahwa Allah bermaksud untuk mengharamkan segala pintu menuju zina agar manusia tidak terperangkap didalamnya maka Allah melarang manusia untuk sekedar โ€˜mendekatiโ€™ zina. Zina memiliki banyak mudharat bagi kehidupan manusia dan juga salah satu โ€˜penyumbangโ€™ penyebaran HIV yaitu melalui seksual.

Menutup Aurat : Zina bnyak berawal dari pandangan โ€˜โ€™auratโ€™โ€™ dalam Islam aurat sendiri adalah bagian tubuh yang harus ditutup oleh laki-laki maupun perempuan, aurat laki-lakiโ€“menurut jumhur(sebagian besar) ulamaโ€™ โ€“ mulai dari pusar sampai lutut, sedangkan perempuan โ€“menurut jumhur ulamaโ€™- adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Allah SWT. berfirman: โ€Q.S An-Nur:30-31
โ€œDan katakanlah kepada laki-laki beriman, agar mereka menjaga pandangannya, memelihara kemaluannya yg demikian itu lebih suci bagi mereka,sungguh Allah Maha Mengetahui. Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya,memelihra kemaluannya,dan jangan menampakkan perhiasannya (auratnya),kecuali yang (biasa) terlihat,dan hendaklah mereka menutup kain kerudung didadanya ,dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya) kecuali kepada suami mereka ,atau ayah mereka ,atau ayah suami mereka ,atau putra-putra mereka,atau putra-putra suami mereka,atau saudara-saudara laki-laki mereka atau putra-putra saudara perempuan mereka,atau para perempuan(sesama islam)mereka,atau hamba sahaya yang mereka miliki,atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan),atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan, dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan dan bertaubatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman agar kamu beruntung
Anjuran menikah :
ุนูŽู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจู’ู†ู ู…ูŽุณู’ุนููˆุฏู ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูŽู†ูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ู ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ( ูŠูŽุง ู…ูŽุนู’ุดูŽุฑูŽ ุงูŽู„ุดู‘ูŽุจูŽุงุจู ! ู…ูŽู†ู ุงุณู’ุชูŽุทูŽุงุนูŽ ู…ูู†ู’ูƒูู…ู ุงูŽู„ู’ุจูŽุงุกูŽุฉูŽ ููŽู„ู’ูŠูŽุชูŽุฒูŽูˆู‘ูŽุฌู’ , ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽุบูŽุถู‘ู ู„ูู„ู’ุจูŽุตูŽุฑู , ูˆูŽุฃูŽุญู’ุตูŽู†ู ู„ูู„ู’ููŽุฑู’ุฌู , ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุณู’ุชูŽุทูุนู’ ููŽุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุจูุงู„ุตู‘ูŽูˆู’ู…ู ; ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽู‡ู ูˆูุฌูŽุงุกูŒ ) ู…ูุชู‘ูŽููŽู‚ูŒ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู
Abdullah Ibnu Mas’ud Radliyallaahu ‘anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda pada kami:
“Wahai generasi muda, barangsiapa diantara kamu telah mampu berkeluarga hendaknya ia menikah, karena ia dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan. Barangsiapa belum mampu hendaknya berpuasa, sebab ia dapat mengendalikanmu.” Muttafaq Alaihi. Kata berpuasa adalah hendaknya menahan hawa nafsu dari perbuatan zina.
Kesetiaan : Kecintaan dan kesetiaan itu bukan sekadar kepada suami, namun jelas berlandaskan keyakinan yang kuat tentang keesaan Allah. Segala pengorbanan untuk suaminya adalah ikhlas untuk mencari keridhaan Allah.

Allah Maha Adil dalam memberi rahmat-Nya. Setiap amalan yang dilaksanakan makhluk-Nya dengan penuh keikhlasan, pasti mendapat ganjaran yang berkekalan.
ู…ูŽู†ู’ ุนูŽู…ูู„ูŽ ุตูŽุงู„ูุญุงู‹ ู…ู‘ูู† ุฐูŽูƒูŽุฑู ุฃูŽูˆู’ ุฃูู†ุซูŽู‰ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ู…ูุคู’ู…ูู†ูŒ ููŽู„ูŽู†ูุญู’ูŠููŠูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุญูŽูŠูŽุงุฉู‹ ุทูŽูŠู‘ูุจูŽุฉู‹ ูˆูŽู„ูŽู†ูŽุฌู’ุฒููŠูŽู†ู‘ูŽู‡ูู…ู’ ุฃูŽุฌู’ุฑูŽู‡ูู… ุจูุฃูŽุญู’ุณูŽู†ู ู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ููˆุงู’ ูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ููˆู†ูŽ
Allah berfirman, โ€œBarangsiapa yang mengerjakan amal shalih, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami berikan balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.โ€ (An-Nahl: 97)
Pengharaman perilaku (hubungan sejenis) :
ูˆูŽู„ููˆุทู‹ุง ุฅูุฐู’ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูู‚ูŽูˆู’ู…ูู‡ู ุฃูŽุชูŽุฃู’ุชููˆู†ูŽ ุงู„ู’ููŽุงุญูุดูŽุฉูŽ ู…ูŽุง ุณูŽุจูŽู‚ูŽูƒูู…ู’ ุจูู‡ูŽุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽุญูŽุฏู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู†ูŽ
ุฅูู†ู‘ูŽูƒูู…ู’ ู„ูŽุชูŽุฃู’ุชููˆู†ูŽ ุงู„ุฑู‘ูุฌูŽุงู„ูŽ ุดูŽู‡ู’ูˆูŽุฉู‹ ู…ูู†ู’ ุฏููˆู†ู ุงู„ู†ู‘ูุณูŽุงุกู ุจูŽู„ู’ ุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ู‚ูŽูˆู’ู…ูŒ ู…ูุณู’ุฑููููˆู†ูŽ
โ€œDan (kami juga telah mengutus) Luth (kepada kaumnya). (ingatlah) tatkala Dia berkata kepada mereka: “Mengapa kamu mengerjakan perbuatan faahisyah (keji/jelek) itu, yang belum pernah dikerjakan oleh seorangpun (di dunia ini) sebelummu? Sesungguhnya kamu mendatangi lelaki untuk melepaskan nafsumu (kepada mereka), bukan kepada wanita, malah kamu ini adalah kaum yang melampaui batas.โ€ (Q.S. al-Aโ€™raf: 80-81)
Nafza Narkoba : ayat pengharaman minuman keras, dan dapat diqiyaskan dengan NAPZA yang bersifat sama dengan minuman keras yaitu menghilangkan kesadaran. Telah jelas bahwa NAPZA dapat menjadi haram apabila disalahgunakan .
Allah SWT. Berfirman dalam surah (Al-Maidah:90)

โ€œWahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras , berjudi , (berkurban untuk berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah adalah perbuatan setan, maka jauhilah (perbuatan) itu agar kamu beruntung!โ€ (**)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.