Soal Keamanan Parkir, Dishub-Bandara Saling Tuding Tanggungjawab

- Periklanan -

PALU – Saling tuding tanggungjawab terkait sarana pendukung keamanan parkir di area Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, ditunjukkan pihak Bandara maupun Dinas Perhubungan Kota Palu. Kali ini Dishub Kota Palu menyebut, terkait fasilitas pendukung seperti CCTV itu menjadi tanggung jawab pihak Bandara.

Lokasi parkir di area Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri Palu, Selasa (13/2). (Foto: Mugni Supardi)

“Terkait dengan fasilitas pendukung itu bukan kewenangan kami, melainkan itu menjadi otoritas bandara,” ujar Kepala Seksi (Kasi) Lalu Lintas Dishub Palu, Daniel kepada koran ini Rabu (14/2).

Lanjut, Daniel, pihaknya mengaku hanya sebagai teknis pelaksana bagian kedatangan dan keberangkatan dan pihaknya sudah bekerja sesuai SOP yang ada, sementara untuk kejadian kemarin pihak Dishub hanya memfasilitasi korban. Terkait dengan kejadian ini pihak Dishub dan bandara akan kembali berkoordinasi untuk mengupayakan kembali penataan parkir di area Bandara Mutiara Sis Aljufri.

- Periklanan -

“Mungkin ke depannya kalau ada evaluasi kami akan mengusulkan untuk menambah beberapa fasilitas pendukung terutama penambahan CCTV di area yang belum terjangkau,” tutupnya.

Sementara sebelumnya, Kepala Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Benyamin Noach Apituley membenarkan tidak adanya CCTV di area parkir Bandara.  Dia menegaskan, sistem pengelolaan parkir di area Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri Palu merupakan kewenangan dari pihak Dinas Perhubungan Kota Palu dan pihak ketiga yang sudah diamanatkan untuk mengurus pembayaran parkir bagi kendaraan roda empat.

Sedangkan untuk kendaraan roda dua masih melekat pada koperasi Bandara. Sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan kendaraan roda dua masih menjadi tanggung jawab pihak Bandara. “Kalau keamanannya ada petugas Dishub yang selalu patroli,” kata Benyamin.

Menurutnya, CCTV hanya terdapat di spot-spot yang harus diamankan. Sedangkan di lokasi parkir, Benyamin sudah memberikan amanat kepada petugas parkir untuk bisa menjaga keamanan di sekitarnya.

“Pihak ketiga juga harus bertanggung jawab karena mereka sudah ambil alih parkir Bandara, bukan tanggung jawab Bandara lagi,” tutup Benyamin. (cr8)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.