Singapura Pekerjakan ‘Angsa’ untuk Uji Kualitas Air Minum

- Periklanan -

DI Singapura ada yang unik dari sistem perairannya. Sejumlah angsa terlihat hilir mudik berenang di waduk. Namun ternyata angsa-angsa yang hilir mudik itu bukan sembarang angsa.

Robot Angsa (@Channel News Asia)

Angsa itu merupakan robot angsa yang berfungsi untuk menguji kualitas air minum waduk di Singapura. Sebanyak lima robot angsa dilepaskan ke waduk untuk memantau kualitas air sebagai bagian dari proyek Smart Water Assessment Network (SWAN).

Mereka dirancang agar terlihat seperti angsa nyata sehingga bisa berbaur dengan lingkungan sekitar. Di bawahnya ada sistem baling-baling dan alat untuk mengambil sampel air.

- Periklanan -

Para angsa robot itu menggunakan teknologi nirkabel untuk mengirimkan hasil real time sampel air minum ke agen air nasional, Public Utilities Board (PUB).

“Sebelumnya kami memulai dengan robot burung yang lebih kecil, namun akhirnya robot angsa inilah yang paling tepat,” kata Profesor Mandar Chitre dari National University of Singapore seperti dilansir BBC, Senin, (15/1).

“Jika Anda melihatnya, itu terlihat seperti angsa berenang-renang,” ujar Chitre.

Menurut pengembang robot, angsa cukup kokoh untuk bertahan hidup dengan kayak dan kapal kecil. Tapi keuntungan utama mereka adalah PUB tidak lagi harus mengirim ilmuwannya keluar dengan perahu untuk mengumpulkan sampel air secara manual.

Robot telah dirancang semandiri mungkin untuk menghindari campur tangan manusia di sungai yang begitu besar. Namun periset mengatakan, mereka juga dapat mengendalikan angsa palsu dengan remote control. Selain itu juga bisa menghubungi mekanis untuk mendapatkan pembaruan atau perbaikan.(jpnn)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.