alexametrics Siaga SAR Khusus Mudik Lebaran, Basarnas Palu Turunkan Kekuatan Penuh – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Siaga SAR Khusus Mudik Lebaran, Basarnas Palu Turunkan Kekuatan Penuh

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU – Badan SAR Nasional menyiagakan seluruh kekuatan penuhnya dalam menghadapi Mudik Lebaran 2022. Seluruh personel yang dimiliki disiagakan, mengangtisipasi bila terjadi kecelakaan baik di darat, laut dan udara guna meminimalisir korban jiwa.

Untuk memastikan seluruh personel dan peralatan, Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu menggelar Apel segaligus membuka kegiatan Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran Tahun 2022 Senin (25/4/2022). Apel sendiri diikuti seluruh personel Basarnas Palu. Kepada wartawan, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, Andrias Hendrik Johanes mengungkapkan, baik personel serta peralatan SAR termasuk angkutan laut (Alut) seluruhnya dalam keadaan prima.

“Alut kita satu kapal di Luwuk dan sejumlah perahu karet yang ada di Kantor Palu maupun di Pos-Pos SAR yang ada di Morowali, Parimo, Tolitoli dan Luwuk sudah siap untuk menjalankan tugas selama 25 April hingga 10 Mei mendatang,” ujar Andrias.

Khusus personel yang stand by di Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, kata dia, bakal melakukan mobile atau berpindah-pindah di posko-posko yang didirikan baik di Pelabuhan, Bandara, Terminal maupun Posko-Posko yang didirikan di jalur mudik lebaran.

“Jumlah personel kami sebanyak 86 orang akan kita sebar ke titik-titik Posko mudik lebaran, tujuannya agar nanti tidak diminta-minta terjadi kecelakaan kapal, pesawat maupun transportasi darat, kami bisa cepat bergerak,” kata Kepala Kantor SAR.

Anggota Basarnas kata dia, juga bersinergi dengan personel dari instansi terkait, seperti kepolisian. Untuk itu lah, di sejumlah Posko Mudik, yang didirikan kepolisian, terdapat anggota Basarnas yang bersiaga. Dia juga mengimbau masyaraat, bila mengetahui adanya kecelakaan baik kapal, pesawat maupun darat, agar segera menginfokan kepada Basarnas. “Kami punya Call Center di nomor 115, setelah dihubungi kami cepat turun ke TKP. Masyarakat juga bisa melapor langsung ke kantor atau pos SAR tederkat dari lokasi
kejadian,” tegasnya.

Lebih lanjut disampaikan Andrias, semoga Lebaran tahun ini terhindar dari berbagai macam kasus kecelakaan, apakah itu di laut, udara maupun darat. Sehingga perayaan Idul Fitri masyarakat bisa benar-benar dirasakan. (agg)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.