Sesar Tambu Bergerak, Gempa 4,7 SR Goyang Palu

- Periklanan -

Peta guncangan gempa bumi berkekuatan 4,7 SR terjadi sekitar pukul 17.23 Wita, Jumat (6/10). (Source: BMKG Stasiun Geofisika)

PALU – Masyarakat Kota Palu dan sekitarnya dikagetkan dengan peristiwa gempa bumi Jumat (06/10) kemarin sekitar pukul 17.23 Wita. Data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Klas I Palu menyebutkan, wilayah Palu dan beberapa daerah di sekitarnya merasakan gempa bumi tektonik kali ini.

Hasil analisis BMKG Stasiun Geofisika Klas I Palu menunjukkan, gempa bumi yang terjadi berkekuatan magnitude 4,7 Skala Richter (SR). Sedangkan lokasi pusat gempa berada di darat, sekitar 48 km arah utara Palu pada koordinat 0.47 LS – 119.89 BT, dan kedalaman 20 km.

- Periklanan -

“Ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa, penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktivitas sesar tambu,” kata Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu, Petrus Demon Sili, MSi, kepada koran ini.

Dia menjelaskan, guncangan gempa bumi diperkirakan dirasakan pada skala II SIG (skala intensitas gempa bumi) BMKG atau setara IV MMI di Desa Tibo, Kabupaten Donggala, dan daerah sekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi.

“Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak, tetapi tidak menimbulkan kerusakan. Namun benda-benda ringan yang digantung bergoyang, jendela kaca bergetar,” jelas Petrus lagi.

Menurutnya, berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG Stasiun Geofisika, guncangan gempa bumi dirasakan lemah sampai sedang (I SIG BMKG /II-III MMI) di Palu. Terkait dengan peristiwa gempa bumi ini, Petrus mengimbau, masyarakat yang berdekatan dengan lokasi pusat gempa bumi agar tetap tenang. “Jangan sampai terpengaruh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbau Petrus. (acm)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.