Sepanjang Teluk Palu Bakal Ditata Kembali

- Periklanan -

Inilah sejumlah tumpukan sampah yang menghiasi pesisir pantai Teluk Palu, yang seolah tidak pernah habisnya, dan mengganggu keindahan Teluk Palu. (Foto: Mugni Supardi)

PALU – Banyak tempat-tempat destinasi wisata yang ada di Kota Palu yang belum terlihat pengembanganya, seperti pantai Teluk Palu misalnya.  Pantai teluk yang menjadi salah satu ikon Kota Palu ini belum terlihat perubahanya secara signifikan.

Belum lagi pondok-pondok yang digarap Pemkot beberapa tahun lalu kini sudah banyak yang mengalami kerusakan. Tentunya dibutuhkan perubahan kedepanya untuk menarik perhatian wisatawan untuk datang ke Kota Palu.

Terkait masalah ini, Dinas Pariwisata Kota Palu melaui Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata, Gunawan mengungkapkan, destinasi pantai Teluk Palu ini akan dikembangkan guna menjadi kawasan wisata dan akan menata kembali kampung kaili agar menjadi daya tarik untuk wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal. “Nantinya Teluk Palu ini akan menjadi kawasan wisata dan akan jadi ikonnya Kota Palu,” ungkapnya, Kamis (25/5) kepada Radar Sulteng.

- Periklanan -

Gunawan menambahkan, untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan kerjasama seluruh stakeholder termasuk masyarakat Kota Palu. Di kawasan Teluk Palu sendiri kata dia, sudah ada desain perencanaanya dan kawasan tersebut juga akan dijadikan kawasan jasa parawisata termasuk ruang-ruang hijau nantinya juga akan dibangun restaurant serta gazebo-gazebo untuk destinasi wisata kuliner.

“Desainnya itu kami dibantu oleh pihak konsultan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) ada juga beberapa kerja sama dengan pihak swata yang akan mengelola kawasan tersebut tapi kawasan itu sifatnya tidak ekslusif namun bisa dinikmati oleh umum,” lanjutnya

Tentunya Kota Palu punya karakter destinasi sendiri yang berbeda demgan kota-kota lainya oleh sebab itu Dinas Pariwisata dan seluruh stakekholder yang terkait akan meningkatkan pengawasan dan pengelolaan terhadap destinasi-destinasi yang ada di Kota Palu. “Kita punya ciri khas sendiri yang bisa di tonjolkan seperti gubung,bukit,sumgai dan pantai dan tentunya potensi kearifanlokalnya ini yang harus di tonjolkan serta menjadi cirri khas kota kita,” bebernya.

Masih kata Gunawan, perlu penataan dan pengembangan agar lebih baik lagi terkait insfrastruktur  sarana dan prasaran serta tingkat partisipasi masyarakat untuk menjaga destinasi-destrinasi harus  terlibat didalamnya agar mereka bisa meningkatkan taraf ekonomi mereka dengan adanya destinasi wisata ini, mulai dari kemanannya, kebersiahanya, dan ketertibanya.

“Terkait kebersihannya dalam amatanya tingkat produksi sampah itu sudah mulai berkurang. Oleh karena itu saya berharap ada kesadaran dari kita semua untuk menjaga lingkungan guna menjadikan Kota Palu ini menjadi Kota wisata,” tutupnya. (cr8)  

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.