Sepakat Penegakan Hukum atas Tambang Emas Ilegal Poboya

- Periklanan -

ILUSTRASI: Kegiatan di lokasi tambang emas di Dusun Vatutempa, Poboya, beberapa waktu lalu. (Foto: dok. bmzIMAGES)

PALU- Gubernur Sulawesi Tengah, Drs H Longki Djnaggola MSi, mengatakan sangat sepakat dengan Jatam dan Walhi serta LSM lainnya yang menyarankan agar tidak melakukan pembiaran aktivitas tambang ilegal di Poboya.

Hal itu dikatakan Gubernur menanggapi berbagai permasalahan aktivitas di kawasan Taman Hutan Raya yang ada di Poboya dalam Focus Group Discussion (FGD) Perhutanan Sosial, di Polibu, Selasa (14/2).

Dalam FGD perhutanan sosial bertujuan pemberdayaan masyarakat wilayah Tahura, muncul berbagai persoalan yang diungkapkan yang ada di wilayah Tahura Poboya. Meskipun pada intinya mendukung skema perhutanan sosial, namun aktivitas tambang ilegal oleh sejumlah perusahaan diminta segera mendapat penanganan.

- Periklanan -

‘’Saya pertama-tama menggarisbawahi dan mendukung apa yang disuarakan oleh teman-teman semua termasuk dari LSM, dan kita sepakat penegakan hukum,’’ ungkap Gubernur.

Artinya lanjut Gubernur, para pengusaha yang ada di lokasi tambang Poboya semua ilegal. Karena kesemuanya tegas Gubernur tidak memiliki izin. Yang memiliki izin kontrak karya di lokasi Poboya hanyalah CPM.

‘’Kalau ada yang mengaku anak perusahaan CPM atau siapa saja yang mengaku kerja sama dengan CPM saya kira nonsen. Kalau CPM melakukan (kerjasama) itu, kita pemerintah daerah harus tahu, dan ini kami tidak tahu sama sekali,’’ tegas Gubernur.

‘’Sekali lagi saya katakan, kami sangat mendukung rencana penegakan hukum atas perusahaan-perusahaan yang ilegal itu,’’ sambung Gubernur.

Selanjutnya Gubernur akan mengambil langkah-langkah bersama forkopmida tentang apa yang akan dilakukan dalam penegakan hukum di Poboya. Termasuk dengan penanganan perdedaran sianida dan mercuri yang diketahui dilakukan oleh para cukong. Karena dipastikan masyarakat bukanlah pelaku peredaran bahan beracun tersebut.(awl)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.