Sensus Ekonomi Akan Dilanjutkan Tahun Ini

- Periklanan -

Deputi Bidang Statistik Sosial BPS RI M Sairi Hasbullah didampingi Kepala BPS Sulteng Faizal Anwar, menabuh gendang sebagai tanda dimulakannya kegiatan Ratekda BPS Kabupaten/Kota se Sulteng, di ballroom Hotel Best Western, Selasa (4/4). (Foto: Arwansyah)

PALU-Tahun 2016 lalu BPS telah melaksanakan Sensus Ekonomi (SE). Tahun 2017 ini kegiatan tersebut akan dilanjutkan, dengan mengumpulkan data pelaku usaha lebih detail dan spesifik.

Sebagai persiapan untuk pelaksanaan SE 2016 lanjutan tersebut kemarin (4/4) dilaksanakan rapat teknis (Ratekda) pimpinan BPS kabupaten kota se Sulteng. Kegiatan yanmg dilaksanakan sampai Kamis (6/4) besok tersebut di pusatkan di ballroom Hotel Best Western, jalan Basuki Rahmat, Palu Selatan.

M Sairi Hasbullah MA, Deputi Bidang Statistik Sosial BPS RI menyatakan, ke depan pihaknya akan terus meningkatkan kualitas data. Karena itu, pengawasan/pemeriksaan lapangan dan proses editing-coding terhadap data hasil SE 2016 lalu, sehingga data yang dihasilkan akan lebih berkualitas. “Semoga setelah melalui segala upaya data SE 2016 membawa manfaat besar bagi para pengguna data, untuk memperoleh gambaran aktual tentang kondisi ekonomi seluruh lapangan usaha di Indonesia, di luar sektor pertanian,” ujar Sairi saat membacakan sambutan Kepala BPS RI, pada pembukaan Ratekda, kemarin.

- Periklanan -

Hasil SE 2016 yang berkualitas, kata dia, juga dapat mendukung pemerintah, sebagai dasar dari perencanaan pembangunan perekonomian di Indonesia.untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi inklusif dan mendukung kemandirian ekonomi bangsa Indonesia.

Kepala BPS Sulteng, Faizal Anwar mengatakan, Ratekda yang mengusung tema ‘Sensus Ekonomi 2016 Berkualitas dan Peningkatan Budaya Kerja’ ini bertujuan melakukan koordinasi dalam rangka pelaksanaan SE 2016 lanjutan (UMK dan UBM) di tahun 2017 ini. Dan juga persialan rilis hasil listing SE 2016, sebagai tindaklanjut dari pelaksanaan Rateknas Pimpinan BPS Provinsi.

“Selain itu, pada kegiatan Ratekda ini kita akan melakukan evaluasi atas kegiatan BPS tahun 2016 lalu dan rencana kerja tahun 2017,” jelas Faizal.

Pada kesempatan ini juga akan dirumuskan percepatan perbaikan budaya kerja di lingkungan BPS, dalam rangka keberhasilan program RB dan Statcap Cerdas. (ars)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.