alexametrics Sekkab Sigi Membuka Workshop Persiapan Temu Usaha Tani – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Sekkab Sigi Membuka Workshop Persiapan Temu Usaha Tani

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

SIGI-Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sigi, Muh. Basir, SE., MP, membuka pertemuan terkait persiapan Temu Usaha Tani. Temu usaha tani sendiri merupakan salah satu output terpenting dalam program peningkatan mata pencaharian masyarakat pasca gempa 2018 yang dirintis oleh Yayasan Pusaka Indonesia bersama Caritas Swiss, yang berlokasi di empat desa di Kabupaten Sigi, yakni Desa Jono, Sambo, Baluase, dan Wisolo.

Kegiatan temu usaha tani bertujuan untuk mengekspose hasil produk dari kelompok-kelompok dampingan Yayasan Pusaka yang sudah berhasil di pasarkan maupun dalam proses produksi. Golongan beberapa produk diantaranya yakni pertanian pangan, perkebunan, peternakan, UMKM, rumah kompos dan home garden.

Tidak hanya kelompok taniatau UMKM, di kegiatan temu usaha tani yang akan direncanakan pada bulan November mendatang ini juga diharapkan kepada perbankan agar ikut serta berkontribusi dalam expo atau pameran berupa produk-produk kredit usaha tani ataupun KUR 0 persen yang merupakan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi.

Sambutan Bupati Sigi dibacakan Sekkab Sigi, Muh. Basir, yang menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Yayasan Pusaka Indonesia, perlu didukung oleh OPD terkait. Ia juga berharap bahwa melalui kegiatan ini, NGO serta LSM dan organisasi lainnya bisa terus menjalin komunikasi umpan balik untuk menghasilkan inovasi-inovasi dalam hal pengembangan serta pemulihan ekonomi masyarakat.

Lanjutnya, program yang telah dilaksanakan ini perlu di ekspose agar dikenal oleh masyarakat luas terutama produk-produk yang telah dihasilkan oleh para petani dan UMKM. Olehnya sangat perlu dirancang dengan baik pelaksanaan temu usaha tani, sehingga stakeholder yang diharapkan terutama pengguna dan pasar-pasar potensial dapat hadir pada acara tersebut. Disamping itu, melalui perwakilanya bahwa BupatiSigi sangat mengapresiasi upaya-upaya serta kegiatan ini agar dapat terlaksana dan sukses.

Kegiatan yang dilaksanakan di sebuah hotel ini juga dihadiri oleh Kepala BPTP Sulteng Dr. Abdul Wahab, kepala OPD Kabupaten Sigi yang terkait yaitu Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Perbankan dalam hal ini BRI Unit Tatura, Perwakilan Universitas Tadulako (Untad) dan Kepala Desa (Kades) lokasi program.

Kegiatan temu usaha tani yang direncanakan akan dipadukan dengan dialog dan beberapa perlombaan. Orientasi materi yang akan dibawakan dalam dialog yakni seputaran dunia pertanian organik, pemasaran hingga permodalan. Disamping itu kegiatan temu usaha tani juga menyediakan hiburan berupa pentas seni atau musik akuistik demi menjaga para pengunjung agar tidak merasa jenuh.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.