Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Segera Dibangun Lapas Perempuan dan Anak di Sigi

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PERTEMUAN : Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Sulteng bersama para stafnya, melakukan pertemuan dan membahas terkait rencananya untuk membangun Lapas Perempuan dan Anak di Kabupaten Sigi. (Foto: Humas Pemkab Sigi)

SIGI – Kantor Wilayah (Kanwil) Hukum dan HAM Sulawesi Tengah (Sulteng) membangun Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Baru, khusus perempuan dan anak-anak yang tersandung dengan kasus hukum di wilayah Sulteng. Untuk itu, saat ini Kanwil Hukum dan HAM masih mencari lokasi strategis, dan wilayah Kabupaten Sigi menjadi pilihan untuk membangunan Lapas tersebut.

Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta SSos MSI, bersama Wakil Bupati, Paulina SE MSi, menerima secara lagsung kunjungan Kakanwil Hukum dan HAM Sulteng, Iwan Nugroho. Dalam kunjungan itu, Iwan Nugroho juga membawa sejumlah staf yang bersangkutan, diantaranya Wisnu Nugroho Dewantoro Kepala Divisi Administrasi, Santun Maspari Siregar Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Drs Tolib Kepala Divisi PAS, Ismono Kepala Lapas Palu, dan Staf Kanwil Kumham Sulteng, serta Staf Lapas Palu, Selasa (24/1).

Peretemuan itu dilangsungkan di ruang kerja Bupati sekitar pukul 11.30 wita. Dalam kunjungan itu Kakanwil Iwan Nugroho meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, dapat berkenan menyediakan lahan untuk pembangunan Lapas baru yaitu Lembaga Binaan Anak (LBA) dan Lembaga Binaan Perempuan (LBP).

Dalam pertemuan tersebut, Iwan Nugroho mengatakan, di tahun 2016 sudah dioperasikan dua Lapas baru yaitu LBA dan LBP. Dari statistik sistem database pemasyarakatan warga binaan perempuan di Sulteng rata-rata perbulan sudah lebih dari 150 – 200 orang.  Untuk itu, Kementrian pusat membentuk Lapas Perempuan, karena apabila sudah diangka tersebut harus ada lembaga khusus yang menanganinya, selanjutnya akan membentuk pembinaan khusus anak.

“Di Sulteng angka pelanggaran hukum anak lumayan signifikan. Oleh karena itu, Kementrian pusat mengamanatkan agar supaya dapat berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah yang ada di Sulteng dalam rangka upaya penegakan hukum di Kabupaten Sigi berjalan sebagai mana mestinya,” jelasnya.

Mendengar informasi tersebut, Pemkab Sigi menyambut baik rencana tersebut, dan berterima kasih atas kunjungan dari Kakanwil beserta rombongan. Pada kesempatan itu, Bupati Irwan Lapata menegaskan, Pemkab Sigi akan mendukung serta berkoordinasi dan bekerjasama demi membangun Kabupaten Sigi yang lebih baik dengan pihak-pihak terkait.

“Saya berterimakasih atas kunjungan dari Kantor Wilayah Hukum dan HAM Sulteng, dan demi penegakam hukum di wilayah Sulteng khususnya di Kabupaten Sigi. Oleh karena itu, Pemkab Sigi mendukung penuh adanya rencana pembangunan Lapas ini,” pungkas Irwan.(ndr)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.