Sebelumnya Terpantau ada Enam Orang

Tiga Jenazah Anggota MIT Dievakuasi dari Gunung Salumarate

- Periklanan -

PARIMO – Tiga jenazah terduga kelompok MIT berhasil dievakuasi dari atas Pegunungan Salumarate, Desa Salubanga, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parimo, Jumat (22/3).

Ketiga jenazah tersebut diduga beridentitas Andi Muhamad alias Abdullah asal Makassar, Alkhindi Mutaqien alias Mu’as DPO MIT asal Banten, dan Alhaji Kaliki alias Ibrohim asal Ambon yang tewas setelah kontak tembak dengan anggota Tim Petir, Gabungan Kostrad dengan SGI, Kamis (21/3) sekitar pukul 16.50 Wita.

Tim evakuasi dari Satgas Tinombala berangkat menuju TKP kontak tembak sejak 07.00 Wita, dan kembali ke Mapolsek Sausu pada pukul 17.20 WITA. Ketiga jasad tersebut dibawa menggunakan tiga mobil ambulance berbeda.

Saat mobil ambulance tiba di Polsek Sausu, Kapolda Sulteng Brigjen Pol Lukman Wahyu Haryanto bersama Danrem 132/Tadukakol, Kolonel Inf. Agus Sasmita langsung melakukan pemeriksaan terhadap jenazah ketiga DPO tersebut.

Menurut Lukman Wahyu yang tiba di Sausu menggunakan helikopter polisi bernomor P-3103 pada pukul 11.48 wita, bahwa evakuasi yang dilakukan memang sudah menjadi prosedur.

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan kepolisian adalah identifikasi. Proses identifikasi akan dilakukan di Polda Sulteng oleh tim DVI.

“Dievakusi kemudian diidentifikasi kebenaranya,”ujar Kapolda singkat.

- Periklanan -

Setelah semua proses identifikasi selesai, barulah kemudian akan dilakukan ekspos. Keluarga mereka juga akan dihubungi. Kemungkinan ketiganya dimakamkan di Palu.

Saat ditanya apakah ada senjata api yang ditemukan? Kapolda masih belum memberikan penjelasan. Sedangkan sisa dari kelompok tersebut masih akan dilakukan pengejaran.

Tidak berselang lama, jasad ketiganya langsung diberangkatkan menggunakan tiga mobil ambulance menuju Polda Sulteng yang mendapatkan pengawalan dari anggota Densus 88 Polri.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Radar Sulteng sebelum terjadi kontak tembak Satgas Tindak dengan DPO MIT kelompok Ali Kalora di area pegunungan Salumate (21/3), sebelumnya, pada 14 Maret 2019 diperoleh Informasi terkait munculnya kelompok DPO MIT di Pegunungan Salumarate, Desa Salubanga pada pukul 14.00 Wita.
Kelompok tersebut terpantau kurang lebih enam orang. Kemudian pada 17 Maret 2019 dilaksanakan rapat koordinasi Satgas menindaklanjuti informasi terkait kemunculan DPO MIT.

Setelah itu pada 18 Maret 2019 dilakukan gelar pasukan ke wilayah yang diduga sebagai tempat munculnya kelompok tersebut.

Tepat pada (21/3) sekitar pukul 16.50 Wita terjadi kontak tembak antara tim penyisir dengan kelompok DPO MIT di pegunungan Salumarate, Desa Salubanga, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parimo.

Tiga orang diduga DPO MIT tewas. Sampai saat ini tim Petir masih melakukan pengejaran terhadap kelompok MIT Ali Kalora CS. (iwn)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.