Satu Perawat di IGD Undata Positif Covid-19

Amsyar Praja : Kondisi Pasien Membaik, Hanya Bergejala Ringan Saja

- Periklanan -

PALU – Bertambahnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Palu, dan beberapa yang dinyatakan positif satu di antaranya adalah perawat atau tenaga kesehatan (Nakes).

Ketua Tim Survelens Kota Palu, dr Rohmat Yasin dalam video conference Jumat pekan lalu mengatakan, Kota Palu tercatat terkonfirmasi positif Covid-19 yang statusnya dirawat ada 11 kasus.

“Empat kasus baru adalah tenaga kesehatan,” sebutnya.

dr Rohmat menyebutkan, sementara yang masih dirawat 11 orang. Tujuh dirawat di RS Anutapura, dua dirawat di RSUD Undata dan dua dirawat di RS Madani.

Saat ini kata, dr Rohmat Satgas Covid-19 Kota Palu berusaha semaksimal mungkin, untuk melakukan pengawasan secara ketat di pintu-pintu masuk Kota Palu. Terutama di pos pemeriksaan kesehatan lapangan,untuk menscreening pendatang terutama dari daerah tercatat banyak kasus Covid-19.

“Masyarakat Kota Palu diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan, apalagi kasus Covid-19 terus bertambah,” ungkapnya.

Sementara Wakil Direktur RSUD Undata Palu, dr Amsyar Praja dikonfirmasi Radar Sulteng, membenarkan adanya perawat IGD di RSUD Undata yang terpapar Covid-19. Agar penyebaran virus tidak meluas, rumah sakit segera melakukan tindakan.

- Periklanan -

“Benar ada perawat yang positif, saat ini sudah dirawat di ruang isolasi. Kondisinya baik hanya bergejala ringan saja,” tuturnya.

Menurut dr Amsyar, sebagai upaya preventif maka semua Nakes IGD baik dokter dan perawat sementara diisolasi. Dari 30 Nakes yang diisolasi sudah dilakukan tes Swab semuanya. Dan pada Sabtu (12/9) hasil Swab sudah keluar, hasilnya sebanyak 14 orang dengan hasil negatif Covid-19.

“Jadi mereka langsung dipulangkan dan sudah boleh kembali bertugas,” tuturnya.

Sedangkan sisanya masih menunggu hasil Swab yang hasilnya akan keluar, Senin siang, bagi perawat negatif Covid-19 akan dipulangkan. Sedangkan jika ada yang positif akan dilanjutkan isolasi di RSUD Undata.

Dr Amsyar mengimbau, masyarakat tidak perlu khawatir, ruang IGD telah disterilisasi. Saat ini pelayanan di IGD juga tetap jalan, dibantu oleh tenaga kesehatan yang bertugas di ruangan poliklinik dan di ruangan rawat inap

“Bagi perawat yang sudah dipulangkan bisa bertugas kembali Senin,” tegasnya.

Terpisah Kabag Humas Kota Palu, Gunawan mengungkapkan, karena ada penambahan kasus terkonfirmasi positif untuk itu pihak Pemerintah Kota Palu, meminta kerja sama masyarakat Kota Palu untuk lebih perketat lagi protokol kesehatan. Menurutnya saat ini masyarakat mulai lalai dengan protokol kesehatan, terutama di tempat-tempat keramaian, seperti peribadatan, pasar dan lainnya.

“Diharapkan masyarakat kembali memperketat protokol kesehatan. Kami juga berharap kepada pengurus tempat peribadatan melengkapi kembali protocol kesehatan, seperti tempat cuci tangan dan selalu ingatkan menggunakan masker, selalu jaga jarak,” harapnya. (umr)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.