Satu Kecamatan Satu Kandang Ternak

- Periklanan -

Satpol PP – Dinas Peternakan akan Tertibkan Ternak Berkeliaran

Ilustrasi ternak berkeliaran. (Foto: dok. Radar Sulteng)

DONGGALA – Banyaknya hewan ternak yang berkeliaran di jalanan tak hanya berdampak bagi pengendara yang melintas, tetapi sejumlah tanaman kerap kali menjadi sasaran hewan ternak yang berkeliaran. Parahnya lagi, baru-baru ini seekor sapi ditemukan telah termutilasi di dekat kantor Bupati Donggala.

- Periklanan -

Hal itu tak lain karena kebanyakan hewan ternak seperti sapi dan kambing di wilayah Donggala masih bebas berkeliaran. Menanggapi hal tersebut, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Donggala rencananya akan kembali melakukan penertiban terhadap hewan ternak yang berkeliaran tanpa pengawasan dari pemilik ternak.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Satpol PP Donggala, Haidar. Dalam melakukan penertiban tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dan akan bekerja sama menangani banyaknya hewan ternak yang berkeliaran tersebut dengan Dinas Peternakan. “Kita pasti akan tindaki persoalan ini,” ujarnya.

Dalam hal menangani masalah tersebut, kata Haidar, Dinas Peternakan akan menyiapkan satu kandang khusus untuk hewan ternak yang telah ditangkap. Kata Haidar masing-masing kecamatan akan disediakan satu kandang. “Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) yang baru, apabila hewan ternak dibiarkan berkeliaran sembarangan, maka dianggap hewan liar dan harus ditangkap. Oleh karena itu juga disiapkan kandang di masing-masing kecamatan,” ungkapnya.

Haidar menambahkan, langkah dalam menangani masalah itu akan mulai efektif pada awal bulan Februari mendatang. Menurutnya masih ada hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk melakukan penertiban. “Intinya sebagian persiapan kita sudah lakukan, tinggal melakukan penertiban saja,” tambahnya. (ujs)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.