Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Banjir Kulawi, Satgas PUPR Suplai Air Bersih dan MCK Darurat

SIGI – Pasca terjadinya banjir bandang di Desa Namo, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Selasa (13/8). Satgas PUPR bertindak cepat, dengan menurunkan bantuan untuk warga korban bencana.

Kepala Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Sulawesi Tengah Ferdy Kana Lo mengatakan, pihaknya menurunkan kurang lebih 8.000 liter air bersih untuk warga korban banjir bandang Desa Namo. Pasalnya sejak terjadinya banjir, masyarakat diketahui sulit untuk mendapatkan air bersih.

Pemberian air bersih kata Ferdi, akan disuplai setiap harinya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Karena menurut Kepala Balai, air bersih menjadi kebutuhan utama saat ini masyarakat.

“Kebutuhan masyarakat untuk minum dan keperluan lainnya sehari-hari, saya harap bisa terpenuhi dengan pasokan air bersih yang kami berikan ini,” jelasnya.

Tidak hanya bantuan berupa air bersih, Ferdi juga memberikan bantuan berupa MCK portabel. Hal ini melihat banyak rumah warga yang hilang dan rusak berat. Demi menjaga MCK portabel bisa difungsikan secara optimal, Balai Cipta Karya juga akan menyiapkan satu unit kendara penyedot.

Dalam penanganan bencana banjir bandang ini, Ferdi bekerjasama dengan Dinas PU Kabupaten Sigi menurunkan sebanyak dua unit alat berat milik Pemkab Sigi untuk membuka jalur penghubung antara Desa Namo dan desa lainnya, serta membuka akses jalan utama penghubung antara Palu dan Kulawi.

“Kurang lebih ada sepuluh titik longsor di jalur Palu-Kulawi, sehingga akses pun agak terhambat. Namun kurang lebih satu jam, akses ke Kulawi sudah mulai terbuka, walau jalan masih sedikit berlumpur,” pungkasnya. (ndr)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.