Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Sapi Betina Produktif Tak Boleh Dikurban

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Ilustrasi pemotongan hwan kurban.

PALU – Dinas Pertanian dan Pertahanan Pangan Kota Palu akan menyebar brosur terkait persyaratan teknis hewan kurban dan tempat penampungannya. Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Kota Palu, Hasniwati mengatakan,  syarat hewan yang dikurbankan antara lain harus sehat, tidak cacat, cukup umur baik itu kambing dan domba harus lebih dari satu tahun ditandai dengan sepasang gigi tetap. Dan begitupun sapi dan kerbau, berumur lebih dari dua tahun yang ditandai dengan dua pasang gigi tetap.

“Tidak kurus dan mesti jantan. Tidak dikebiri, dan buah zakarnya masih lengkap dua buah. Bentuk dan letaknya juga harus simetris,” tutur Hasniwati Selasa (29/8) di Palu.

Dia mengungkapkan, dari tahun-tahun sebelumnya, kadang masih ada ditemukan sebagian masyarakat yang menyembelih hewan kurban betina. Kondisi ini, kata Hasniwati, dikembalikan sepenuhnya kepada panitia pemotongan hewan kurban. Apalagi pihaknya sudah memberitahukan terkait syarat teknis hewan kurban.

“Ada satu dua ekor sapi betina, kita temukan tahun lalu. Mungkin karena tahun lalu harga sapi jantan melambung tinggi,” ungkapnya.

Hasniwati menjelaskan, dibolehkan sapi betina disembelih, asalkan tidak produktif lagi atau dipastikan sapinya tidak bisa beranak lagi. Tapi selama ini persyaratannya harus hewan jantan. Sehingga, jika menemukan sapi betina secara fisik tidak bisa disembelih, pihaknya akan memberitahukan kepada panitia kurban.

“Keputusannya ada di panitia. Sering juga kami dapati hewan belum cukup umur, tapi ada di tempat penyembelihan. Semuanya kami serahkan ke panitia, yang penting imbauan ini sudah disampaikan,” harapnya. (cr2)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.