Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Sandi Darman Sute, Pesepak Bola Palu di Rantau yang bikin Bangga (1)

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Sandi Sute (kanan) bersama legenda Persija Bambang Pamungkas, sebelum bertanding. (Foto: Sugianto)

NAMA Sandi Darman Sute, atau Sandi Sute, mulai dikenal di jagat persepakbolaan nasional, ketika namanya diperkenalkan ke publik memperkuat Persija Jakarta di Liga 1 Indonesia 2017, dan ternyata sebelum ke Persija, pemain asli kelahiran Palu ini, pernah meraih juara di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012, yang hingga saat ini masih dikenangnya.

Laporan : Sugianto Sulteng


SESUATU yang membanggakan bukan, jika ada pemain lokal berstatus pemain nasional dan bermain di Liga Profesional. Apa lagi timnya adalah tim ternama seperti Persija Jakarta. Prestasi itulah yang diraih oleh Sandi Sute saat ini.

Jika anda menonton pertandingan Liga 1 Indonesia 2017, yang disiarkan secara live oleh Tv One, apabila Macan Kemayoran-julukan Persija Jakarta bermain tentu anda akan melihat sosok seorang Sandi Sute, pemain asal Palu.

Karena seringnya muncul di televisi, sehingga turut membuat pemain-pemain lokal percaya diri mengejar prestasi, khususnya pemain-pemain lokal yang memperkuat Celebest FC Palu di Liga 2 Indonesia 2017.

Terlepas dari itu, ternyata Sandi Sute, jauh sebelumnya sudah dikenal di luar Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Awal mulanya ketika sukses membawa tim sepak bola PON Kalimantan Timur (Kaltim) juara pada penyelenggaraan PON Riau 2012 silam.

Kabarnya Sandi Sute, adalah pemain sepak bola Palu, yang sukses merasakan juara di PON. Tentu hal itu benar nyatanya, karena diketahui selama ini PON Sulteng selalu gagal di Pra PON.

“Alhamdulilah waktu itu, saya diberi kemenangan bersama teman-teman. Itu sesuatu yang sulit dilupakan,” ucap Sandi Sute, kepada Radar Sulteng/Jawa POS Group, Kamis (22/6) kemarin.

Di masa libur jeda kompetisi Liga 1 Indonesia 2017, jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri, gelandang Persija Jakarta ini, yang juga disebut-sebut Gatusonya Indonesia ini memilih libur di kampung halamannya di Kelurahan Taipa, Kota Palu.

Sore itu, setibanya di Palu langsung mengikuti latihan di lapangan PS Rauf jr, Kota Palu, untuk menjaga kebugaran. “Sebelumnya saya di Kaltim, di sinilah saya mulai bermain bola, di lapangan (Rauf Junior, red) tempat ini juga akan selalu saya ingat,” sambung Sandi bercerita dengan wartawan Radar Sulteng.

Sandi, mengakui bahwa sebelum menjadi bagian dari tim inti PON Kaltim ia sempat di buang ketika mengikuti seleksi di skuad PON Sulteng 2011 silam. “Penampilan saya tidak meyakinkan pelatih lokal di Palu waktu itu sehingga saya di buang. Saya mengambil hikmahnya dan saya merantau ke Kaltim,” tutur Sandi Sute.

bola.

Diceritakan bahwa selepas studinya, di bangku di SMA sederajat, yang waktu itu menjadi alumni di SMKN 6 Mamboro, ia terbang ke Kaltim mengikuti rangkaian Diklat Mandau PKT Bontang.

Hanya enam bulan kemudian, ia mendapat kesempatan mengikuti uji coba PON Kaltim, dan akhirnya masuk dalam skuat tim PON Kaltim yang sukses meraih juara setahun setelah itu.

“Saya satu-satunya orang Palu di PON Kaltim, dan mungkin itu sudah garis tangan saya. Saya sangat mensyukurinya,” ucapnya, dengan raut wajah mengucap syukur.

Menurutnya, selama di PON Kaltim, dirinya sudah diperkenalkan dengan pemain-pemain bintang, seperti Lerbi, Bayu Gatra, dan Aldaer. ” Waktu di PON saya banyak bersilaturahmi dengan pemain nasional di Indonesia, Bayu Gatra salah satunya teman saya berjuang sehingga bisa meraih emas bersama PON Kaltim,” kenangnya.

Selepas dari PON Kaltim, Sandi Sute, mulai mengukir mimpi ingin merubah nasib di dunia sepak bola. Karena ia sadar betul dari kalangan orang sederhana di Kota Palu.

“Selepas PON saya bercita-cita ingin meraih prestasi lebih untuk keluarga dan fans khususnya kepada diri saya sendiri. Semoga keinginan bisa terus berjalan, dan tentunya saya akan selalu berdoa kepada Tuhan agar selalu diberi kemudahan di dalam dan di luar lapangan,” tandasnya.(bersambung)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.