Sampai Kapan? Dukcapil Palu Masih Menunggu Blangko e-KTP

- Periklanan -

KEPINGAN E-KTP: Akibat blangko e-KTP yang tak kunjung tiba, daftar tunggu cetak e-KTP di Dinas Dukcapil Kota Palu sekarang ini mencapai empat ribuan. (Foto: Mugni Supardi)

PALU – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Palu minta masyarakat yang sudah melakukan perekaman e-KTP (KTP Elektronik) agar bersabar menunggu blangko untuk penerbitan e-KTP.

Sekretaris Disdukcapil Palu, Drs Ahdari Dj Supu MSi mengungkapkan, pihaknya masih menunggu informasi dari pemerintah pusat dalam hal ini Kemendagri mengenai pengadaan blangko, belum adanya blangko sehingga e-KTP belum bisa dicetak.

“Blangko itu pengadaannya dari pemerintah pusat, jadi kita masih menunggu. Belum ada informasi juga dari pusat kapan baru ada, sampai hari ini belum ada kabar,” ucap Sekretaris Dukcapil, Ahdari Dj Supu kepada Radar Sulteng ditemui di ruang kerjanya, Rabu (1/3).

Ahdari Dj Supu menambahkan, Disdukcapil memberikan surat keterangan sebagai pengganti e-KTP kepada penduduk yang sudah melakukan perekaman dan telah terdata dalam Database Kependudukan Kota Palu. Adapun surat keterangan tersebut dapat dipergunakan  untuk kepentingan Pemilu, Pemilukada, Pilkades, Perbankan, Imigrasi, Kepolisian, Asuransi, BPJS, Pernikahan, dan lain-lain.

- Periklanan -

“Untuk mengantisipasi belum adanya blangko e-KTP, maka kami berikan surat keterangan sebagai pengganti sementara. Hanya itu yang bisa kami lakukan sekarang,” ujarnya.

Ahdari Dj Supu menegaskan, bahwa pengadaan surat keterangan pengganti e-KTP oleh Disdukcapil Palu tersebut sesuai dengan surat edaran Kemendagri nomor 471.13/2051/DUKCAPIL mengenai penerbitan surat keterangan sebagai pengganti e-KTP maupun surat keterangan telah terdata dalam Database Kependudukan.

“Sesuai dengan surat edaran Kemendagri yaitu dalam rangka kepentingan pelayanan publik, antara lain untuk kepentingan Pemilukada, Pilkades, Perbankan, Imigrasi, Kepolisian, Asuransi, BPJS, Pernikahan, dan kebutuhan lainnya sesuai dengan kebutuhan daerah, maka Surat Keterangan pengganti e-KTP maupun surat keterangan telah terdata dalam Database Kependudukan dapat terus diterbitkan oleh Dukcapil Kabupaten/Kota sampai dengan tersedianya blangko e-KTP,” jelas Ahdari Dj Supu.

Selain itu, Sekretaris Disdukcapil Palu juga mengatakan, mengenai peralatan untuk perekaman e-KTP (perekaman berupa sidik jari,foto dan perekaman mata) tidak ada kendala, semua tersedia disetiap Kecamatan, namun hanya terkendala karena belum adanya blangko.

“Untuk perekaman semua alat lengkap dan tersedia disetiap Kecamatan, hanya saja memang terkendala tidak adanya blangko,” pungkasnya. (cr9)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.