alexametrics Rusdy-Ma’mun Akan Dorong Seluruh Potensi Sumber Daya Alam dan Manusia Sulteng untuk Maju – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Rusdy-Ma’mun Akan Dorong Seluruh Potensi Sumber Daya Alam dan Manusia Sulteng untuk Maju

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

BANGGAI – Provinsi Sulawesi Tengah memiliki sejumlah potensi, baik berupa Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM), dan budaya yang dapat dikelola untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ma’mun Amir dalam safari politiknya ke Warga Desa Bonebobaka, Kecamatan Lamala bersilaturahmi dan menyosialisasikan dirinya yang akan Maju menjadi Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tengah. Beliau memohon izin dan restu, kemudian mengingatkan pentingnya pendidikan dan kualitas sumber daya masyarakat Sulawesi Tengah harus ditingkatkan.

“Penting bagi saya dan Pak Cudy memikirkan persoalan kemiskinan dan pengangguran sebagai modal untuk maju dan menyelesaikan persoalan yang dialami masyarakat Sulawesi Tengah pada umumnya. Untuk itu salah satu cara agar angka kemiskinan dan pengangguran itu bisa kita tekan adalah meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusianya,” tutur Ma’mun Amir (3/10).

Tingkat keberhasilan pembangunan suatu daerah diukur berdasarkan capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Indeks (HDI). Dalam lima tahun terakhir (2016-2019) IPM Sulawesi Tengah naik dengan rata-rata kenaikan sebesar 0,69 dan kenaikan tertinggi terjadi di tahun 2018 sebesar 0,77. Namun, berdasarkan data tahun 2020, IPM Sulawesi Tengah saat ini 69,40. Angka ini lebih rendah jika dibandingkan dengan tingkat Nasional 71,92.

“Melalui pendidikan yang berkualitas ini bisa menciptakan generasi penerus bangsa dan khususnya Sulawesi Tengah yang unggul dan berdaya saing. Sehingga saya dan Pak Cudy hadirkan program yang fokus pada sektor pendidikan,” imbuh Ma’mun Amir.

Ma’mun Amir mengatakan ketika amanah itu datang insyallah akan mencabut biaya SPP bulanan di sekolah tingkat SMA dan SMK. Dengan harapan keluarga dan siswanya bebannya berkurang, keluarga bisa memikirkan gizi anaknya dan sang anak bisa terus melanjutkan sekolah dan berprestasi.

“Saya bersama pak Cudy juga sepakat untuk membangun sekolah Vokasi berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada di Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah. Sehingga setelah lulus mereka bisa mengembangkan usaha atau diserap oleh industri yang ada di daerahnya, sehingga pengangguran tertekan kemiskinan berkurang,” jelas Ma’mun.

Menurut Ma’mun Amir anak daerah harus berkualitas untuk bersaing masuk dunia kerja, tidak boleh menjadi malas dan sering mengeluh. Jangan terus menyalahkan pemerintah atau perusahaan  yang ada di daerah, karena pengangguran meningkat dan SDM yang ada tidak terserap perusahaan akibat kalah bersaing dengan yang lain.

“Untuk itu kami pun juga akan berikan beasiswa ke pendidikan yang lebih tinggi, baik itu di dalam negeri atau luar negeri. Dengan syarat anak ini berprestasi, sehingga nantinya saya dan Pak Cudy berharap ada Anak Sulawesi Tengah menjadi tokoh nasional dan tidak lupa daerahnya,” jelas Ma’mun Amir. (*/lib)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.