Rumah Produksi Pupuk Organik Bungi Desa Sambo Diresmikan

- Periklanan -

SIGI-Rumah produksi pupuk organik dan pestisida nabati Bungi Desa Sambo Kecamatan Dolo Barat diresmikan Bupati Kabupaten Sigi diwakili Asisten Pemerintahan Andi Ilham, Rabu (28/7). Rumah produksi ini merupakan persembahan dari Yayasan Pusaka Indonesia-Carita Swiss, yang merupakan program pemulihan mata pencaharian masyarakat terdampak bencana.

Dengan diresmikannya rumah produksi ini maka para petani yang ada di wilayah Kecamatan Dolo Selatan, khususnya Desa Sambo akan mendapatkan pupuk organik yang terbaik yang dikelola secara langsung oleh petani sendiri.

- Periklanan -

“ Asalkan membentuk kelompok, dan kelompoknya ini terdaftar di Dinas Pertanian Kabupaten Sigi, kata perwakilan Kepala Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulteng, Ir. Rudi Susanto.

Dalam kegiatan itu Yayasan Pusaka Caroitas Swiss juga memberikan sejumlah bantuan kepada desa yang ada di Dolo Selatan, yang diserahkan oleh kepala BPPT Sulteng, Camat Dolo, Kadis Pertanian dan Hortikultura, dan Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan, berupa mesin chopper crown dan Kubota, mesin jahit karung, timbangan manual, alat pelindung diri (APD), peralatan sablon karung, peralatan kantor, dan peralatan pupuk organik cair dan persnab.

Temu wicara antara kelompok tani dan pejabat pemangku kepentingan juga berlangsung dengan penuh suasana kekeluargaan. Materi diskusi seputar pupuk, perbandingan pupuk organik dan unorganik, tenaga penyuluhan, kesejahteraan petani, kebersihan lingkungan tempat pembuatan pupuk kompos atau pupuk organik, kelebihan pupuk organic, dan dan strategi pemasaran pupuk organik.(mch)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.