Rumah, Mobil dan Motor Ludes Terbakar di Perdos Untad

- Periklanan -

PALU – Harta benda milik Najamudin (52), warga Perumahan Dosen, Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, habis dalam sekejap. Rumah berikut mobil dan sepeda motor miliknya, Selasa (2/1) kemarin, ludes dilalap api.

Sebuah mobil dan rumah hangus terbakar dilalap si Jago Merah Selasa dini hari (2/1) di Kompleks Perdos Untad. (Foto: Moh. Salam)

Tidak hanya rumah dari Najamudin, dua rumah warga lainnya, yakni milik Yanti (35) serta Kadir Palaloa (57) juga turut terbakar dalam kejadian tersebut. Api sendiri pertamakali terlihat sekitar pukul 03.40 wita. Menurut sejumlah saksi, api pertamakali terlihat berasal dari mobil milik Najamudin, yang diparkir di depan rumah.

Saksi yakni Nasrudin (22), yang melihat adanya sumber api, langsung membangunkan pemilik rumah dan langsung menghubungi pemadam. Pemadam kebakaran sendiri berhasil menjinakan api sekitar pukul 05.30 wita.

- Periklanan -

Mobil yaris jenis matic berwarna putih serta 2 unit motor matic milik Najamudin, tidak bisa diselamatkan dan yang tersisa tinggal rangka. Aparat kepolisian sendiri tiba di TKP selang beberapa jam kemudian, dan langsung melakukan identifikasi dan olah TKP. “Jumlah kerugian saat ini belum dapat ditaksir, namun dari kebakaran tersebut ditemukan beberapa kendaraan milik korban yang terbakar. Penyebab Kebakaran masih dalam proses penyelidikan,“ ungkap Kapolres Palu, AKBP Mujianto SIK.

Mujianto menghimbau kepada masyarakat kota Palu agar lebih waspada lagi terkait adanya kasus kebakaran ini.  Diharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga, memelihara serta selalu waspada dari bencana kebakaran. “Masyarakat diimbau selalu memeriksa jaringan listrik rumah untuk mencegah  hubungan arus pendek, periksa kembali Regulator kompor gas, jangan membakar sampah sembarangan karena itu semua yang dapat menimbulkan kebakaran rumah.” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palu Musliman mengungkapkan, di Tahun Baru 2018 ini, tercatat sudah dua kali kebakaran terjadi. Di tanggal 1 Januari terjadi di Jalan Sulawesi Lorong Una-una Kecamatan Palu Selatan dan serta di tanggal 2 Januari terjadi di Kompleks Perumahan Dosen Untad. Dia juga menjelaskan tim pemadam kebakaran selalu siap siaga ketika terjadi kebakaran. “Sesuai Protap kami di dinas Pemadam Kebakaran, bahwa 15 menit bahkan  10 menit sudah tiba dilokasi kejadian setelah adanya telepon dari masyarakat bahwa telah terjadi kebakaran,” ungkapnya.

Musliman juga mengungkapkan, bahwa timnya setelah dihubungi oleh masyarakat  tiba di lokasi kebakaran sekitar 10 menit kemudian.  “Kami datang kelokasi kejadian setelah mendapatkan informasi dari masyarakat telah terjadi kebakaran dan tim kami langsung bergegas ke menuju Kompleks Perdos Untad untuk memadamkan api,” katanya saat ditemui Selasa kemarin (2/1) di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palu. (who/cr3)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.