RSUD Poso Rawat 40 Pasien DBD

- Periklanan -

POSO- Kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Poso sekarang meningkat cukup signifikan. Sejak Januari hingga pekan pertama Februari, terhitung sudah ada puluhan kasus yang terjadi dan pasien menjalani perawatan di RSUD Poso. “Yang masuk dan kita tangani dengan diagnosa positif DBD ada lebih dari 40 orang pasien,” kata Direktur RSUD Poso, dr Masalinri Hasmar MSi, Minggu (10/2). Sebagian besar dari penderita penyakit yang tergolong membahayakan keselamatan jiwa tersebut merupakan anak-anak. Kasus DBD terbanyak berada di wilayah kecamatan Poso Kota Bersaudara.
Meski kasusnya meningkat, tapi tidak ada korban jiwa. “Yang masuk di RSUD semua bisa ditangani dengan baik. Sebagian pasien sudah pulang dengan selamat dan sehat,” ungkap direktur yang akrab disapa dokter Hasmar ini.
Disebutnya seluruh kasus DBD yang ditangani rumah sakit sudah dilaporkan ke Bupati Darmin dan Dinas Kesehatan setempat.
Terkait meningkatnya kasus DBD, dokter Hasmar mengimbau masyarakat untuk mencegahnya dengan melakukan kegiatan 3 M yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur objek atau tempat yang mendukung siklus hidup nyamuk. Tak hanya sekedar menguras bak mandi, tapi juga harus membersihkannya dengan cara menggosok dinding-dinding bak dan atau tempat penampungan air lain. Sebab jentik nyamuk DBD biasanya suka melekat pada dinding tempat penampungan air, apalagi jika sudah berlumut. “Intinya, ciptakan budaya hidup sehat dengan cara membersihkan lingkungan sekitar,” tutup dokter spesialis saraf ini. (bud)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.