Relawan Pasigala Terus Bekerja Membantu Pengungsi

- Periklanan -

PALU-Pasca bencana kurang lebih 126 hari, Komandan Korem (Danrem) 132 Tadulako Kolonel (Inf) Agus Sasmita, bersama relawan Pasigala mitra Korem semakin eksis memenuhi kebutuhan logistik di wilayah Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Donggala (Pasigala).

“ Pasca bencana gempabumi, tsunami dan likuifaksi yang terjadi 28 September 2018 yang mengguncang Palu, Sigi, dan Donggala, Danrem 132 Tadulako Kolonel Inf Agus Sasmita bersama jajarannya, terus eksis memenuhi kebutuhan logistik Pasigala mulai dari tanggal 30 September 2018 sampai dengan hari ini, “ papar Moh Raslin, relawan Pasigala mitra Koerm 132 Tadulako kepada Radar Sulteng, Minggu (3/2).

Dalam bekerja di lapangan, melakukan pendistribusian bantuan ke sejumlah titik warga yang tertimpa musibah, relawan dibantu kendali logistiknya dipimpin Mayor Inf Mutakbir dan kepala gudang Lettu Inf Edy Sriyanto. Tim ini bekerja bersama relawan Pasigala Moh Raslin, relawan AABI Agus Agus Bersaudara Indonesia Bagus Budiono SKom, relawan dari Kominfo Pemprov Sulteng Devantrigao Surjanto SE, dan relawan lainnya seperti Cemara Peduli, Caper Kawatuna, IAIN, serta relawan Vony Sonith, Lucyana Sonith, Dewi Suriyani dan Winda Rahayu terus gencar memenuhi kebutuhan logistik ke pelosok dengan semangat tulus ikhlas dan loyal.

“Penyaluran logistik sangat proporsional, tepat sasaran dan objektif. Karena didukung oleh personel yang berpengalaman dalam penanganan bencana seperti tsunami 2004 di Aceh yaitu Mayor Inf Mutakbir pada saat itu telah menjabat Danramil Syamtalira Bayu Nangro Aceh Darusalam. Saat itu ada tiga desa di Kecamatan Syamtalira Bayu rata diterjang tsunami, “ tutur Mayor Mutakbir.

Jebolan Abituren Akmil 2003 ini, telah terlibat dalam penanganan bencana dengan melaksanakan evakuasi korban dan pencarian mayat, pengarahan pengungsi, dan bantuan masuk ke Kecamatan Syamtalira Bayu. Begitu pula dengan Lettu Edy Sriyanto telah memiliki pengalaman yang cukup saat menjadi kepala gudang pada penanganan bencana merapi di Jogjakarta.

- Periklanan -

Sebagai instruktur (pelatih) di Akademi Militer Magelang Lettu Edy Sriyanto memiliki juga pengalaman yang cukup mengesankan dalam urusan logistik.

Dia juga ahli dalam strategi infanteri. Terbukti, pada tahun 2018 mewakili timnya dalam kegiatan lomba menembak sebagai penembak jitu yang digelar di Cilodong. Edy mewakili Kodam XIII Merdeka Manado, dalam jabatan sebagai Perwira Seksi Administrasi Logistik (Pasi Minlog).

Disaat instansi atau dinas terkait dalam penanganan bencana sudah redup dan mati suri, Danrem 132 Tadulako bersama relawan mitra Korem semakin menunjukan eksistensinya. Relawan Pasigala Moh Raslin dan Agus Agus Bersaudara Indonesia berharap kiranya BPBD provinsi dan BPBD Kabupaten Donggala dapat membantu warga yang membutuhkan tenda dan selimut.

“Kasihan tendanya hanya disimpan di gudang, sementara banyak masyarakat yang terkena dampak sangat membutuhkannya, “ bebernya lagi.

Dalam misi kemanusiaan ini juga hadir Habib Ahmad Faluggah Ketua Majelis Pemberdayaan Ekonomi Ummat pada Pengurus Besar (PB) Alkhairaat Pusat Palu. “Ustadz Khalid sapaan akrab habib dari PB Alkhairaat Pusat Palu ini juga memberikan kontribusi besar terhadap para relawan dalam urusan operasional, agar logistik sampai di tempat tujuan, “ pungkasnya.(mch)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.