Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Rektor Universitas Terbuka Bangga pada Wisudawan UPBJJ-UT Palu

Universitas Terbuka Pionir Penyelenggaraan Program PJJ

PALU-Unit Program Belajar Jarak Jauh–Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Palu, kembali menyelenggarakan kegiatan Upacara Penerimaan Ijazah (UPI) bertempat di Gedung Marannu Kota Palu, pada Rabu (11/9).

Peserta UPI kali ini berjumlah 425 lulusan yang terdiri dari Program S1 Fakultas Ekonomi sebanyak 14 wisudawan, Program S1 FHISIP sebanyak 15 wisudawan, Program S1 PGSD sebanyak 326 wisudawan dan Program S1 PGPAUD sebanyak 70 wisudawan.

Kegiataan UPI diawali dengan acara Seminar Akademik yang telah dilaksanakan pada Selasa (10/9) dengan tema Meningkatkaan Kompetensi dan Profesionalisme
Guru Pendidikan Dasar pada Revolusi Industri 4.0.

Agenda seminar akademik kali ini bertujuan untuk mendongkrak semangat lulusan UT agar dapat meningkatkan kompetensinya sehingga bisa menjadi guru yang profesional di era Revolusi Industri 4.0.

Narasumber yang hadir dalam kegiatan seminar ini adalah Ketua Senat Universitas Terbuka Prof Dr Chanif
Nurcholis, MSi dan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Dr H M Hidayat Lamakarate MSi.

Kegiatan Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) Universitas Terbuka Palu tahun ini sangat istimewa karena dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah H Rusli Baco Dg Palabbi, SSos SH MH, Rektor Universitas Terbuka yang diwakili oleh Ketua Senat Universitas Terbuka Prof Dr Chanif Nurcholis, MSi, Rektor Universitas Tadulako yang diwakili oleh Warek I Bidang Akademik Dr Lukman Nadjamuddin MHum serta Direktur UPBJJ-UT Palu
terdahulu Dra Hj Nurhayati Ponulele MSi.

Prof Dr Chanif Nurcholis MSi, mewakili Rektor Universitas Terbuka menyampaikan selamat dan rasa bangga kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang telah berhasil menyelesaikan studi di Universitas Terbuka.

“Saya berharap saudara bisa menjadi katalis untuk pembangunan sumber daya manusia di daerah masing-masing,” ucap Prof Chanif Nurcholis.

TERIMA CINDERAMATA : Sekdaprov Sulteng, H M Hidayat Lamakarate saat menerima cinderamata dari Direktur UPBJJ-UT Palu, Wijanarko usai menjadi narasumber pada Seminar Akademik yang dilaksanakan sehari sebelum pelaksanaan UPI. (DOK UPBJJ-UT PALU)

Di usia yang sudah ke 35 tahun, kiprah Universitas Terbuka kata Prof Chanif turut andil merajut nusa membangun bangsa melalui peningkatan akses ke pendidikan tinggi dan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Dijelaskan, Universitas Terbuka selalu melakukan terobosan-terobosan baru yang inovatif. Saat ini, Universitas Terbuka telah berproses menuju Cyber University dengan menyediakan berbagai layanan akademik yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang terkini.

“Berbagai layanan UT berbasis online yang sudah dikembangkan dan diaplikasikan dalam sistem pembelajaran UT, antara lain Student Record System (SRS4G) untuk mendukung sistem registrasi dan administrasi akademik, online billing system, sistem informasi bahan ajar, toko buku online, sistem informasi transaksi tiras bahan ajar, bahan ajar digital, tutorial online dan berbagai layanan online lainnya,” jelas Prof Chanif.

Direktur UPBJJ-UT Palu, Wijanarko SP MSi dalam sambutannya menyebut, pengorbanan lulusan Universitas Terbuka tidaklah mudah. Sebab kata Wijanarko, sebagian besar yang menempuh pendidikan di UPBJJ-UT Palu ialah yang sedang bekerja dan berkeluarga. Saat menempuh pendidikan harus mengatur waktu untuk belajar dan mengikuti studi dengan baik. Selain itu, di antara wisudawan ada yang domisilinya di kepulauan, atau di pedalaman, sehingga membutuhkan pengorbanan dan perjuangan untuk bisa datang ke tempat tutorial atau tempat ujian.

“Kini, kelelahan, keletihan, kejengkelan, kemarahan, dan kadang kedukaan yang tak jarang menyertai mereka selama studi, telah berakhir,” ucap Wijanarko.

Sebagai komitmen Universitas Terbuka untuk memberi akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk meningkatkan pendidikan, kini telah dibuka Program Pasca Sarjana yang meliputi Program Magister Administrasi Publik, Magister Manajemen, Magister Manajemen Perikanan, Magister Pendidikan Matematika, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Dasar.

“Alhamdulillah kado terindah saat Peringatan Dies Natalis ke 35 Lustrum VII Universitas Tadulako yang jatuh pada tanggal 4 September 2019 kemarin, UT telah diberikan izin operasional program studi S3 Doktor Ilmu Manajemen FE dan Doktor Administrasi Publik FHISIP. UT menjadi pionir dalam penyelenggaraan program studi doktoral dengan modus Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Saya mengundang saudara-saudara untuk mengikuti program S2 dan S3 yang telah kami sediakan,” tandasnya.

Turut hadir pula beberapa Kepala Dinas Pendidikan se-Sulawesi Tengah yaitu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Poso Drs. George V.Y. Tumonggi, MSi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Morowali Amir Aminuddin, SPd MM, Kepala Dinas Kabupaten Buol
Drs. Moh. Kasim, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Parigi Moutong, Adrudin Nur, SPd MSi,
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sigi Kaimudin S.Pd, Kepala Dinas Kabupaten Tolitoli Dr Adjmain Laterey, MSi dan Kepala Dinas Pendidikan dari beberapa kabupaten lagi yang diwakili oleh masing-masing kepala bidang. Selain itu hadir pula mitra Universitas Terbuka yaitu pengurus pokjar se-Sulawesi Tengah serta perwakilan dari Bank BRI, Bank BTN dan
Bank BNI.

Para lulusan UT diharapkan bisa menjaga nama baik almamater dan bertanggungjawab atas apa yang sudah diraihnya. Gelar yang diraih merupakan sebuah
amanah dan tanggungjawab yang ada di pundak mereka. Untuk itu, para lulusan UT diharapkan juga mampu meningkatkan kualitas dan kemampuannya secara pribadi serta dapat bersaing di era global saat ini. (*/saf/adv)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.