alexametrics Rektor Optimis PPG Terlaksana dengan Sukses – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Rektor Optimis PPG Terlaksana dengan Sukses

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU – Orientasi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahap II baru saja digelar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako (Untad). Kegiatan yang dibuka langsung oleh Rektor Untad, Prof Dr Ir H Mahfudz MP itu dilaksanakan menggunakan aplikasi Zoom, Kamis (13/8/2020).

Prof Mahfudz menyampaikan agar mahasiswa PPG untuk saling mengenal satu sama lain. Apalagi lanjut Prof Mahfudz, mahasiswa PPG banyak yang berasal dari luar daerah. Maka dari itu, dengan saling mengenal sambungnya, akan mempererat silaturahmi antar mahasiswa PPG serta dengan para dosen dan pimpinan di Untad. Amanah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kepada Untad untuk melaksanakan PPG kata Prof Mahfudz merupakan amanah yang besar. Meski begitu dia yakin, bahwa FKIP sebagai pelaksana, dapat menjalankan amanah dari Kemendikbud itu dengan baik.

“Saya optimis dan yakin PPG bisa terlaksana dengan baik. Semua instruktur sudah punya predikat dosen profesional, telah tersertifikasi,” jelas Prof Mahfudz saat membuka kegiatan yang digelar via online itu.

Dekan FKIP, Dr Ir Amiruddin Kade SPd MSi menyampaikan, peserta PPG merupakan peserta yang terpilih. Dia berharap mahasiswa PPG FKIP Untad dapat memanfaatkan waktu ini dengan sebaik mungkin dan menimba ilmu sebanyak mungkin. Amiruddin Kade menambahkan, terlaksananya PPG di Untad merupakan suatu kebanggaan, karena lanjutnya tidak semua perguruan tinggi bisa melaksanakan PPG, sebab merupakan amanah langsuang dari Kemendikbud RI.

“Insyaallah akan menyusul profesi-profesi lainnya. Seperti profesi apoteker, profesi akuntan, dan profesi insinyur. Dalam waktu dekat, di bawah pimpinan Pak Rektor, Insyaallah semua ini akan terealisasi,” jelasnya.

Sementara itu Koordinator Prodi PPG FKIP, Dr Ijirana SPd MSi menjelaskan, Program Studi PPG resmi dibuka oleh Kemenristekdikti untuk menerima mahasiswa mulai pada Tanggal 1 Agustus 2018. Sejak tahun 2018 menerima mahasiswa PPG dalam jabatan yang memperoleh bantuan dari Kemdikbud.

Mulai tahun 2020 pelaksanaan PPG di bawah naungan Ditjen GTK Kemdikbud dan sejak Juli menerima mahasiswa dalam jabatan yang direncanakan dalam 3 tahap.

“Tahap I, dimulai 10 Agustus 2020. Tahap II, dimulai 14 Agustus 2020. Dan tahap III, dimulai tanggal 24 Agustus,” jelas Ijirana.

Pada tahap I kata dia, mahasiswa yang diterima sebanyak 86 orang. Sedangkan tahap II, sebanyak 82 orang. Untuk tahap III nantinya sambung Ijirana, jumlah mahasiswa yang bakal diterima ialah sebanyak 63 orang.

“Sistem pembelajarannya semua moda daring (Dalam Jaringan) menggunakan LMS (Learning Magajemen Sistem). Jumlah SKS yang harus diselesaikan sebanyak 12 SKS,” tutupnya.(saf)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.