Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Rekrut Calon Anggota Bawaslu Sulteng Dimulai

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Timsel Bawaslu Sulteng yang diketuai Muh Tavip (tengah) sedang memberikan penjelasan mengenai rekrutmen calon anggota Bawaslu Sulteng periode 2017-2022, Selasa (11/7). (Foto: Muchsin Sirajudin)

PALU – Tim Seleksi (imsel) Bawaslu Sulteng mulai bekerja untuk membentuk Bawaslu Sulteng periode tugas 2017-2022. Setelah menjalani bimbingan teknis di Bali belum lama ini, Timsel langsung menggelar konfrensi persnya untuk menjelaskan tahapan-tahapan rekrutmen calon anggota Bawaslu Sulteng.

Dalam konfrensi persnya kemarin, Timsel Bawaslu hadir lengkap dipimpin Ketua Timsel DR Moh Tavip SH MHum, didampingi Sekretaris Timsel Bawaslu Dr H Muhtadin Dg Mustafa MHi, dan tiga anggota lainnya yaitu Prof Hj Dahlia Suaib, Dr Intam Kurnia, dan Drs Tasrif Siara.

Ketua Timsel Moh Tavip, menjelaskan lima anggota Timsel rekrutmen calon anggota Bawaslu Sulteng telah ditunjuk dan disahkan oleh Bawaslu RI melalui surat keputusannya Nomor 0254/K.Bawaslu/HK.01.01/V/2017 tanggal 25 Mei 2017.

Timsel diperkuat keterwakilan perempuan 30 persen (dua orang), sebagaimana yang diamanahkan dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2007 dan Undang-undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaran Pemilu. Karena itu diharapkan Bawaslu hasil rekrutmen memiliki keterwakilan perempuan 30 persen.

Timsel akan bekerja selama dua bulan, dengan tugas mencari dan menjaring calon anggota Bawaslu Sulteng yang mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil. Memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan dan pengawasan Pemilu.

“Dalam menjalankan amanah dan tugas negara itu, timsel berkomitmen untuk bekerja secara profesional. Tugas ini bagian dari upaya dan kontribusi untuk memperbaiki kualitas demokrasi,”tegas Tavip.

Tavip juga menjelaskan, dalam mengendalikan terjadinya gratifikasi, Bawaslu telah menetapkan Peraturan Bawaslu Nomor 6 Tahun 2015 tentang Pengendalian Gratifikasi di Lingkungan Bawaslu yang disahkan pada 22 Mei 2015.

“Timsel Bawaslu Sulteng berharap adanya control public khususnya dari media massa terhadap adanya kemungkinan unsur-unsur gratifikasi selama proses seleksi berlangsung,” paparnya.

Guna menghasilkan calon anggota Bawaslu Sulteng, tambahnya, maka proses rekrutmen membutuhkan pengawasan dan pengendalian dari para pihak, khususnya para jurnalis. Selama proses seleksi berlangsung, timsel akan menerapkan prinsip-prinsip akuntabilitas dan transparansi.

“Untuk itu diharapkan adanya pengawasan secara partisipatif dari masyarakat selama proses seleksi calon anggota Bawaslu berlangsung dari Juli hingga Agustus 2017, “ ujarnya.

Berikut tahapan proses rekrutmen calon anggota Bawaslu Sulteng, pengumuman pendaftaran pada 17-23 Juli. Penerimaan Pendaftaran 24-30 Juli. Perbaikan Berkas Persyaratan 31 Juli – 2 Agustus. Perpanjangan Masa Perpanjangan Pendaftaran 31 Juli. Perpanjangan Masa Pendaftaran 31 Juli – 4 Agustus. Pemeriksaan Keabsahan dan legalitas Berkas 31 Juli – 4 Agustus. Pengumuman Hasil Penelitian/Seleksi Admninsitrasi 5 Agustus. Tanggapan Masyarakat 5 – 9 Agustus.

Selanjutnya, tes tertulis 9 Agustus. Tes Kesehatan I dan Tes Psikologi 10-11 Agustus. Pengumuman Tes Tertulis, Tes Kesehatan I dan Tes Psikologi 15 Agustus. Pelaksanaan Tes Kesehatan dan Psikologi Lanjutan 16 – 18 Agustus. Pelaksanaan Tes Wawancara 18-19 Agustus. Pengumuman hasil tes Kesehatan, Tes Psikologi Lanjutan dan Wawancara 22 Agustus. Penyampaian Nama-nama calon anggota Bawaslu Peovinsi 22 Agustus. Laporan Tahapan Penjaringan dan Penyaringan 25 Agustus. Dan terakhir Penyampaian Laporan Akhir 29 Agustus.

“Pendafataran akan dibuka di Sekretariat Timsel Bawaslu Sulteng, di Jalan Chairil Anwar No. 17 Kota Palu,” kata Moh Tavip, mengakhiri keterangan persnya.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.