Rekomendasi KASN Harus Disikapi Secara Bijak Oleh Wali Kota

- Periklanan -

Rusman Ramli (Foto: Zainudin Jacub)

PALU – Kalangan dewan meminta Wali Kota menyikapi secara bijak rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang menemukan adanya pelanggaran dalam penetapan dan pengangkatan pimpinan tinggi pratama hasil pelaksanaan seleksi terbuka sebagaimana di atur dalam Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN.

Anggota DPRD Palu Rusman Ramli menyatakan meski hanya sekadar rekomendasi. Namun apa yang menjadi rekomendasi tersebut harus didengar karena aparatur pemerintah itu diatur dengan aturan di atasnya. Seluruh ASN itu harus untuk menjalankan kewajiban yang harus ditindaklanjuti. “Termasuk oleh kepala daerah yang menjadi bagaian dari pemerintahan daerah dan menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan ASN,” katanya.

- Periklanan -

Jika rekomendasi KASN menyatakan penetapan pengangkatan pimpinan tinggi melanggar , maka apa yang menjadi rekomendasi tersebut harus ditaati dengan mengikuti peraturan yang sudah ditentukan.

“Yang jelas kami berharap rekomendasi ini perlu disikapi secara bijak seperti apa modelnya Wali Kota yang memutuskan supaya tidak terus terjadi persoalan-persoalan seperti ini,” kata Rusman.

Wali Kota Palu untuk mengukuhkan drg Emma Sukmawati MSi, MKes, pada jabatan yang tugas dan fungsinya, relatif tidak jauh berbeda misalnya staf ahli bidang sosial dan budaya atau dilakukan job fit untuk mengisi jabatan lainnnya.

KASN juga merekomendasikan Wali Kota untuk meninjau kembali  surat keputusan Wali Kota dalam pengangkatan tujuh pejabat Kepala SKPD di lingkungan Pemkot, karena penetapan karena penetapan pimpinan tinggi pratama hasil seleksi terbuka tidak sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 tahun 2014.(zai)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.