Ratusan PNS Parimo Ikuti Ujian Penyesuaian Ijazah

- Periklanan -

IKUTI UJIAN : Para pegawai yang menjadi peserta ujian penyesuaian ijazah di Parimo, yang digelar di auditorium kantor Bupati Parimo, Jumat (10/3). (Foto: Iwan Rusman)

PARIMO-Ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Parimo, mengikuti ujian penyesuaian ijazah yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawian Daerah (BKD) Parimo, di auditorium kantor bupati, Jumat (10/3). Para peserta ujian terdiri dari guru dan sejumlah PNS di SKPD, jajaran Pemkab Parimo.

Kepala BKD Parimo, Mawardin SPd, mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut kurang lebih 400 orang. Selain ujian penyesuaian ijazah ada juga ujian dinas bagi para PNS yang ingin pindah golongan.

Mawardin menjelaskan, ujian tersebut wajib diikuti oleh PNS. Penyesuaian yang dimaksud tergantung ijazah. Misalnya ijazah S1, itu yang disesuaikan. Misalnya para guru, jika tidak disesuaikan ijazahnya, mereka tidak bisa mengajar. Karena SK sebelumnya, belum berada di jabatan fungsional guru, masih jabatan fungsional umum. ” Aturannya, kalau mereka tidak S1 maka mereka tidak bisa mengajar. Sehingga harus mengikuti penyesuaian ijazah terlebih dahulu, ” jelasnya.

Kemudian, terkait dengan ujian dinas. Ujian tersebut juga harus diikuti karena kaitannya dengan kenaikan golongan. Ia mencotohkan, ada PNS yang sudah golongan dua, tapi bukan sarjana, maka yang bersangkutan harus ikuti kenaikan pangkat reguler empat tahun.

- Periklanan -

Jika kemudian yang bersangkutan sambil bekerja, sudah sarjana, maka boleh penyesuain ijazah langsung ke golongan tiga. ” Tapi harus ikut ujian. Kalau tidak ikut ujian tidak bisa, tidak diproses, ” paparnya.

Mawardin menambahkan, ujian penyesuain ijazah, dimana saja boleh diikuti. Beberapa waktu lalu, ada beberapa orang dari Parimo ikut di daerah lain.

Ia menegaskan, jika ada peserta yang tidak lulus, kemungkinan harus mengikuti ujian di tahun berikutnya, atau bila ada ujian serupa yang dilaksnakan di daerah lain, bisa diikuti.

Ujian tersebut ternyata tidak hanya diikuti oleh PNS di Parimo. Sebagian peserta ada juga yang berasal dari daerah lain. “Ada juga peserta dari Kabupaten Touna, Poso, Sigi dan Provinsi ikut semua di sini, ” bebernya.

Para peserta akan mengikuti wawancara dan terakhir ujian tertulis yang dilaksanakan Sabtu (11/3). “Kegiatan ini juga dihadiri rombongan bidang Supervisi kepegawaian BKN Makassar, ” ungkapnya.(iwn)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.