Rampungkan Perda, Pemkab dan DPRD Majene Kunker ke Parimo

- Periklanan -

PARIMO-Rombongan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Majene dan Pemkab Majene melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis (22/8). 

Rombongan DPRD Majene dipimpin langsung oleh ketua Drs Darmasyah sedangkan Pemkab dipimpin langsung oleh Wabup Majene, H Lukman SPd Mpd. 

Setelah disambut secara adat Kaili di Rumah Jabatan Bupati (Rujab) Samsurizal Tombolotutu rombongan DPRD dan Pemkab Majene langsung menuju kantor DPRD Parimo sementara dan menyempatkan waktu berdialog dengan sejumlah anggota DPRD Parimo. 

Ketua DPRD Kabupaten Majene Drs Darmasyah, mengatakan bahwa saat ini mereka sedang membahas Perda tentang Penetapan Hari Jadi Majene. Ia mengungkapkan Kabupaten Parimo dipilih karena dalam kesejarahannya sangat erat dan sangat luar biasa. 

Teryata sebuah peradaban Mandar di Majene sangat erat kaitannya dengan Kabupaten Parimo. Kunjungan Kerja (Kunker) dalam rangka merampungkan Perda tentang hari jadi Kabupaten Majene dan salah satu tempat yang paling tepat untuk dilakukan perbandingan adalah Kabupaten Parimo. 

- Periklanan -

“Karena saya lihat hubungan kekerabatan, kesejarahan khususnya Moutong dengan Mandar yaitu Majene sangat erat sekali,”ungkapnya. 

Ia menambahkan Perda tentang hari jadi Majene tersebut untuk memperkuat nilai-nilai sejarah yang ada. Rencananya mereka juga berkunjung ke rumah kerajaan Tinombo, di Kecamatan Tinombo. 

Sementara itu Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Majene, H Lukman SPd MPd, mengungkapkan bahwa setelah mereka berkunjung ke Parimo ternyata banyak terdapat kesamaan dengan Majene. 

Mereka banyak menemukan desa yang menggunakan bahasa Mandar seperti di Majene. Misalnya Lebo yang artinya Laut, Tada, tiba dan Moutong artinya tinggal. 

Kemudian Desa Sendana, di Kecamatan Kasimbar ternyata Kecamatan Sendana ada juga di Majene. “Sendana adalah Kecamatan di Majene, tempat saya, “ungkapnya. 

Selain itu mereka berencana akan melakukan kerjasama dengan Pemkab Parimo di bidang kelautan dan perikanan untuk bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(iwn)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.