Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Puncak Arus Mudik, Dua Kapal Tiba di Pelabuhan Pantoloan

PALU – Pelni Cabang Palu mengakui puncak arus mudik lebaran di Pelabuhan Pantoloan, Palu, terjadi pada Minggu (26/5). Ada dua kapal yang tiba di Pelabuhan itu pada Minggu malam hingga dini hari. Yang pertama KM Lambelu sekitar pukul 23.00 wita dengan data penumpang tiba sebanyak 1814 orang dari Balikpapan. Sekitar satu jam lebih, kapal itu langsung berlayar kembali dengan mengangkut penumpang 303 orang menuju Tarakan-Nunukan-Balikpapan-Pare-pare, Makassar dan Bau-bau. Itu terdiri dari 294 dewasa dan 9 bayi.
Kemudian, sekitar pukul 01.00 dini hari, KM Labobar dengan membawa 189 penumpang tiba dari Tarakan, dan berlayar kembali menuju Balikpapan-Surabaya dengan membawa penumpang dari Kota Palu 926 orang, dari tiket yang disiapkan 1500. 926 itu sendiri terdiri dari 901 dewasa dan 25 bayi. PT Pelni mengakui tidak melayani penjualan tiket di atas kapal, itu hanya berlaku di darat.
“Perbandingan dari tahun lalu ada kenaikan sekitar 10 persenan, tetapi di arus balik kemungkinan lebih banyak lagi. Karena penumpang yang turun tadi pasti akan bakal balik lagi ke asal rantauannya,” kata Kepala Cabang Pelni Palu, Imam Trisakti.
Imam Trisakti mengungkapkan, puncak arus mudik lebaran di Pelabuhan Pantoloan terjadi malam ini. Memang masih ada kapal KM Lambelu dan KM Labobar pada 3 dan 4 Juni mendatang, namun dia mengakui penumpangnya tidak akan signifikan karena sudah mendekati hari raya Idul Fitri.
“Bisa saja lebarannya di kapal,” sebutnya.
Untuk arus balik nanti Pelni tetap menyiapkan dua kapal yakni Lambelu dan Labobar. Arus balik sendiri diperkirahkan terjadi pada 14 dan 15 Juni.
“14 Juni Lambelu ke Tarakan, yang Labobar ke Balikpapan-Surabaya,” terangnya.
Sementara dari pantauan Radar Sulteng para penumpang baik yang naik KM Lambelu dan KM Labobar sudah memadati Pelabuhan beberapa jam sebelum pemberangkatan. Di sisi lain juga pihak Pelabuhan Pantoloan menyediakan posko angkutan lebaran untuk kenyaman arus penumpang baik itu yang mudik dan balik.
“Ada belasan intansi terkait yang saling bersinergi untuk memberikan pelayanan maksimal bagi penumpang kapal,” tambah Kepala Seksi Keselamatan Berlayar Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Teluk Palu, Capt Dean Granovic. (acm)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.