Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Puluhan Rumah di Buol Dihantam Ombak, 50 KK Mengungsi

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

ABRASI : Warga desa bongo menunjukkan rumah yang yang sudah mulai tergerus oleh abrasi. (Foto: Rustam Baculu)

BUOL – Kurun sepekan terakhir cuaca buruk di sertai hujan dan angin kencang serta ombak besar di Kabupaten Buol mengakibatkan abarsi. Puluhan rumah penduduk dan bangunan pemerintah dekat pesisir pantai rusak parah.

”Kami sekeluarga terpaksa mengungsi karena air laut sudah masuk dalam rumah,” ungkap Hamad, salah seorang warga Desa Bongo, Selasa (14/2).

Ia menjelaskan, air pasang disertai ombak besar terjadi sekitar pukul 19.00 wita Senin malam. Ombak itu menghantam rumah-rumah warga dan merusakkkan perabotnya. Menurutnya, ada puluhan rumah yang rusak akibat bencana tesebut dankerugiannya mencapai puluhan juta rupiah.

Diakuinya, dirinya bersama sejumlah warga lainnya terpaksa mengungsi ke rumah keluarga-keluarga dekat yang lebih aman agar bisa terhindar dari hantaman ombak tersebut.

”Untuk sekarang bantuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui dinas tehnik belum ada,”ujar Hamad dengan ekspresi sedih.

Sementara itu Kadis Sosial Muzakir Pantas di konfirmasi mengatakan ada 5 kecamatan yang mengalami musibah abrasi pantai, yakni Kecamatan  Peleleh di Desa Kuala Besar, Kecamatan Biau Kelurahan Leok Dua dan Kelurahan Buol, Kelurahan Kali, Kecamatan Keramat Desa Tuinan, Lakea, dan Bokat, hampir semua rumah warga di wilayah tersebut rusak berat.

Untuk Leok Dua sesuai data yang masuk sebanyak 50 KK terpaksa mengungsi untuk sementera waktu. Air laut tembus hingga ke badan jalan aspal melewati SPBU dan Dinas Sosial sementara melakukan pendistribusian logistik sembako.

Diperkiran, puluhan rumah sulit untuk di tempati kembali karena kondisinya sudah rusak. ”Kemungkinan data tersebut masih akan bertambah karena desa yang terkena musiba ini laporannya belum masuk,” tandas Muzakir.(tam)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.