Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

PT Babussalam Kantongi Izin Permanen Biro Umrah dan Haji

Yang Pertama di Sulawesi Tengah Izin Seumur Hidup

Direktur Babussalam H Muhammad Ishaq

PALU – PT Babussalam Citra Mandiri sebagai biro perjalanan umrah dan haji terpercaya yang sudah memberangkatkan ribuan masyarakat untuk menunaikan haji mau pun umrah, kini telah mengantongi izin operasional seumur hidup yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia, September 2019. Di Sulawesi Tengah, Babussalam menjadi yang terdepan dan paling pertama sebagai biro perjalanan haji dan umrah yang mengantongi izin operasional permanen dari Kemenag RI. Dengan adanya izin ini kata Direktur PT Babussalam Citra Mandiri, Muhammad Ishaq secara otomatis menepis segala isu hoax yang menyebut izin PT Babussalam Citra Mandiri tidak diperpanjang.

“Ini izin yang ketiga, nomornya 790, tahun 2019 dan ini izin terakhir. Maksudnya tidak akan berubah lagi. Ini izin selamanya. Permanen. Seumur hidup sudah yang ketiga ini, yang terakhir,”  kata H. Muhammad Ishaq kepada sejumlah awak media, di Palu, Sabtu (12/10).

H. Ishaq yang didampingi Direktur Utama PT Babussalam Citra Mandiri, H. Mustamin Umar, kepada sejumlah awak media juga menyampaikan kabar tidak enak yang dialami jamaahnya yang hendak mengurus paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Palu, beberapa waktu lalu. Karena jamaah Babussalam yang mengurus paspor menyertakan izin operasional sementara, yang dikeluarkan Kemenag RI sebagai tanda izin operasional Babussalam sedang proses pengurusan. Orang yang diduga oknum petugas Imigrasi Palu kata Ishaq, menyampaikan kepada jamaahnya bahwa izin operasional Babussalam tidak diperpanjang lagi. Bukan hanya dari orang yang diduga oknum petugas Imigrasi Palu. Jamaah Babussalam juga ditakut-takuti oleh orang yang diduga kompetitor sesama biro perjalanan haji dan umrah yang mengatakan bahwa Babussalam izinnya tidak diperpanjang lagi dan jika tiba di Jeddah akan dipulangkan kembali ke Indonesia karena tidak memiliki izin. 

“Jadi dari tanggal 17  bulan Mei kita sudah diperiksa (untuk perpanjangan izin operasional). Karena orang di Kementerian Agama fokus ngurusi haji kan. Jadi agak sedikit lambat ditandatangani SK kita. Maka rekomendasi inilah dari Kementerian Agama yang dipakai untuk mengganti sementara, untuk menunggu SK aslinya. Dan ini diakui Kementerian Agama. Jadi karena kita cuma pakai ini, beredarlah isu-isu bahwa kita tidak diperpanjang. Dan sekarang kami luruskan, bahwa SK asli kami sudah ada. Dan yang ketiga ini sudah bersifat selamanya,” tegasnya.

Ishaq menambahkan, Babussalam sebagai biro perjalanan haji dan umrah akan menjadi mitra terpercaya dan terdepan dalam penyelenggaraan ibadah umrah dan haji. Pada kesempatan itu, Ishaq juga mengajak kompetitornya untuk bersaing secara sehat dan tidak dengan menyebar isu-isu hoax alias bohong kepada jamaah Babussalam.

“Ayo kita bersaing dalam hal pelayanan,” tandasnya.

Kepala Seksi Pelayanan Kantor Imigrasi Palu, Firman yang dikonfirmasi media ini, mengatakan akan mengecek kebenaran adanya dugaan oknum petugas Imigrasi Palu yang memberi informasi kepada jamaah Babussalam bahwa izin Babussalam tidak diperpanjang lagi.

“Besok saya cek dulu apa dan bagaimana. Klo ada data dukung/capturan fotonya supaya saya kroscek,” sebut Firman yang dikonfirmasi via What’s App tadi malam. (saf)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.