Proyek Gedung Baru DPRD Morut Dihentikan

- Periklanan -

DIHENTIKAN : Inilah kondisi pembangunan gedung DPRD Morut yang dihentikan, Kamis (23/2). (Foto: Ilham Nusi)

MORUT-Proyek pembangunan gedung baru kantor DPRD Kabupaten Morowali Utara (Morut) terhenti. Proyek bersumber APBD Morut TA 2106 itu tidak lagi dianggarkan pada penetapan APBD 2017.

Penghentian pembangunan gedung tersebut dibenarkan Ketua DPRD Morut, Syarifuddin Madjid, saat dikonfirmasi Radar Sulteng, Kamis (23/2).

Menurut dia, proyek yang melekat pada Sekretariat Dewan (Setwan) itu seharusnya dilanjutkan tahun ini dengan besaran pembiayaan Rp 20 miliar. Namun anggaran tersebut hilang dari buku APBD Morut TA 2017.

“Pembangunan gedung baru DPRD Morut dihentikan. Saya cuma dengar kalau penghentiannya berdasarkan kajian Inspektorat dan opini dari BPKP,” kata Syarifuddin di Makassar via telepon.

Syarifuddin menuturkan, dirinya tidak mengetahui apakah penghentian proyek tersebut melalui pemberitahuan resmi atau tidak. Sebab Setwan DPRD Morut belum menerima surat dari Pemkab Morut.

- Periklanan -

Sebelumnya, kata dia, lanjutan pembangunan gedung baru DPRD Morut sudah melalui pembahasan Komisi dan disetujui Badan Anggaran. Selanjutnya diajukan ke tingkat I untuk penyempurnaan APBD dan juga disetujui.

“Sayangnya anggaran itu hilang dalam buku APBD 2017,” ujarnya.

Syarifuddin menyebut penghentian proyek yang tahun lalu dianggarkan Rp 15 miliar itu dilakukan berdasarkan kajian ilmiah, bukan sekedar opini BPKP. Inspektorat juga perlu meminta pihak universitas untuk melakukan kajian ilmiah tentang keberadaan bangunan baru itu.

Dia menambahkan, permintaan kajian dari Universitas Tadulako (Untad) Palu belum juga ada sehingga dialihkan ke Universitas Muslim Indonesia (MUI) Makassar. ” Seharusnya penghentian itu juga berdasar pertimbangan teknis, bukan sekedar opini dari BPK,” tandasnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Morut, Yalbert Tulaka, belum menjelaskan informasi terkait pengehentian proyek lanjutan pembangunan gedung baru DPRD Morut. ” Saya lagi di BAKN,” singkat Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Morut itu melalui SMS, Kamis kemarin.

Berdasarkan pantauan wartawan di lokasi pembangunan, fisik gedung baru DPRD Morut sudah berdiri seperti tampak dalam foto.(ham)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.