alexametrics Prodi PPG FKIP Kembali Cetak 376 Guru Profesional – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Prodi PPG FKIP Kembali Cetak 376 Guru Profesional

Siap Hadapi Tantangan Perubahan Zaman

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU – Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Untad kembali melaksanakan Yudisium Periode V PPG dalam Jabatan tahun akademik 2021/2022, disalah satu hotel di Kota Palu, Kamis (16/12) lalu.

Dalam Yudisium kali ini, sebanyak 376 mahasiswa yang dinyatakan lulus terdiri dari angkatan 1, 2, 3 dan retaker. Sekitar 72 Mahasiswa yang hadir mengikuti proses yudisium secara luring dan 304 orang mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di tanah air yang mengikuti prosesi wisuda secara daring.

Dalam sambutannya Rektor Untad, Prof Dr Ir, Mahfudz MP, mengatakan dalam meniti karir tidak boleh ada kata cukup, melainkan harus terus menggali potensi yang ada pada diri yang kemudian dikembangkan. Rektor Untad juga mengapresiasi salah satu peserta PPG tertua yang masih tetap ikut mengembangkan potensinya dalam PPG.

“Terus perbaiki kualitas diri, karena itu bukan untuk dirinya sendiri tapi untuk masa depan anak didiknya nanti, begitupun sama juga di dosen di Untad,” ucapnya.

Lanjut Rektor Untad, untuk menjadi guru profesional bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, banyak proses yang harus ditempuh. Untuk itu dia berpesan kepada peserta PPG termuda untuk terus belajar dalam rangka menjaga eksistensinya sebagai guru profesional. Tidak hanya itu, dia juga berpesan kepada seluruh jajaran FKIP Untad untuk terus menjaga kiprahnya, karena untuk mendapat agreditasi A tidak mudah.

“Tentu harapan saya, kepada anda semua yang telah berhasil mendapat gelar di Untad yakni tetap menjaga nama baik Untad, khususnya Prodi PPG ini agar semakin bisa menjadi tolak ukur tentang proses akademik yang dilaksanakan oleh prodi PPG ini,” terangnya.

Dikesempatan yang sama Dekan FKIP Untad, Dr. Ir. Amiruddin Kade, S.Pd, M.Si, mengucapkan selamat dan mengapresiasi lulusan PPG Periode V ini yang telah suskses melewati sejumlah tantangan. Amiruddin berpesan kepada para lulusan PPG untuk menjaga 4 kompetensi guru, yaitu Profesional, Pedagogik, Kepribadian dan Sosial, seperti yang diamanatakan dalam Undang-undang Guru dan Dosen. “Menjadi guru profesional yang artinya dengan gelar tersebut negara mempunyai kewajiban kepada anda,” ucapnya.

Melihat banyaknya prestasi yang dicetak Prodi PPG, dia menyampaikan tahun depan akan memberikan satu gedung baru beserta fasilitas penunjangnya. Dengan begitu dia berharap agar Prodi PPG terus konsisten dalam menjalankan program-programnya.

Koordinator Prodi PPG FKIP Untad, Dr. Ijirana, M.Si, menambahkan dalam melaksanakan yudisium ini bukanlah sekedar acar ceremonial, melainkan merupakan peristiwa penting yang menunjukan berakhirnya tugas pelayanan secara formal kepada mahasiswa PPG dalam mengembangkan amanah dan mengantar menjadi guru profesional.

“Semoga di lapangan benar-benar profesional. Seorang guru profesional harus menunjukan karakter dan mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai tenaga pendidik yang mempesona, yang dilandasi sikap cintah tanah air, berwibawah serta tegas dan disiplin,” tuturnya.

Menurutnya, guru profesional dituntut untuk mampu mengevaluasi pelajaran dari 3 sisi, yaitu penilaian sikap, keterampilan dan pengetahuan. Jika keseluruhan kompetensi ini dimiliki guru profesional, maka keluarga besar Untad telah melahirkan guru yang mampu menghantarkan dan mendorong peserta didiknya untuk menjadi generasi yang siap menghadapi tantangan perubahan zaman.

“Mulai hari ini, kalian akan resmi menyandang guru profesional dan memperoleh gelar tambahan (Gr) yang akan menyertai nama dari titel S1 dan ataupun S2. Kami mengucapkan selamat meskipun perjuangan berat, namun dalam waktu singkat kalian mampu untuk melewati dan hari ini kalian adalah pemenangnya,” tutupnya.(win)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.