Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Prodi Ekonomi Manajemen Banyak Peminat

Dalam SMMPTN Untad Tahun 2020

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU – Pelaksanaan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Universitas Tadulako tahun 2020, berakhir kemarin (30/8). Seluruh kegiatan, selama berlangsung pelaksanannya berjalan lancar.

Sekretaris Panitia, Drs Samsumarlin MSi mengungkapkan, sesuai arahan Rektor Untad, Prof Dr Ir Mahfudz MP, panitia sudah bekerja keras dua hari selama pelaksanaan SMMPTN bahkan mempersiapkannya sebelum pelaksanaan.

“Seleksi ujian tertulis jalur seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri Universitas Tadulako berlangsung dengan aman dan tetap mematuhi protokol kesehatan Pendemi Covid-19,” kata Samsumarlin, kemarin (30/8).

Di setiap lokasi kata Samsumarlin, petugas Covid-19 melakukan pemeriksaan suhu, menyiapkan hand sanitizer dan masker bagi peserta yang lupa atau tidak membawa masker.

Selain itu sambungnya, pihak Rumah Sakit Umum Tadulako dan Dinas Kesehatan Kota Palu senantiasa mendukung dengan menyiapkan armada mobil ambulance dan personil yang siap siaga manakala terjadi sesuatu terkait dengan kesehatan peserta dan panitia.

Dijelaskan Samsumarlin, pelaksanaan seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri (SMMPTN) Universitas Tadulako tahun 2020 terbagi dalam 3 sesi di setiap fakultas, program pascasarjana dan 3 SMK di Kota Palu yang diikuti 4.959 peserta ujian dengan pilihan 47 program studi.

Samsumarlin mengungkapkan, tahun ini, persaingan peserta juga sangat ketat pada beberapa program studi yang peminatnya lebih banyak dibanding daya tampungnya. Di antara yang peminatnya cukup banyak lanjutnya ialah prodi Ekonomi Manajemen dengan peminat 997 dan hanya dapat menerima 128 mahasiswa.

Selain itu, yang juga peminatnya banyak ialah Ilmu Hukum dengan jumlah 605 dan hanya dapat menerima 165 orang. Di urutan ketiga, peminat terbanyak ada pada prodi Pendidikan Guru SD dengan jumlah 580 dan hanya dapat menerima 70 orang. Meski begitu, ada juga prodi yang kuota pendaftarnya tidak terpenuhi, seperti Pendidikan Matematika yang pendaftarnya hanya 35, namun kuota mencapai 45.

Selain itu, prodi Biologi pendaftar 21, yang diterima 24, serta prodi Kimia dengan pendaftar 20 dan kuota yang bisa diterima mencapai 22 mahasiswa. Lanjut Samsumarlin, persentasi kuota yang akan diterima pada jalur SMMPTN Universitas Tadulako 2020 maksimum 30 persen dari daya tampung mahasiswa baru Universitas Tadulako yang teralokasikan tahun ini.

“Penentuan kelulusan jalur SMMPTN Universitas Tadulako diproses melalui program aplikasi yang artinya bahwa walaupun peminat lebih kecil dari daya tampung tidak secara otomatis lulus karena program aplikasi telah ditentukan nilai minimum yang dapat lulus dari hasil ujian tulis peserta seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri Universitas Tadulako,” demikian kata Samsumarlin yang juga Plt Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP). (saf)

.

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.