Prajurit Korem Jadi Contoh Tertib Berlalu Lintas

- Periklanan -

PALU – Pelatihan safety riding dan safety driving Korem 132/Tadulako dan jajarannya di tahun 2020, Jumat (28/2), diikuti Ratusan prajurit TNI sekaligus mendapatkan pelatihan tips mengendarai kendaraan dengan cara mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Peserta mendapatkan materi dari Jasa Raharja, Dirlantas Polda Sulteng, dan Denpal yang dilaksanakan oleh Detasemen Polisi Militer (Den-POM) XIII/2 Palu.

Denpom XIII/2 Palu, Mayor CPM Didik Kurniawan Wibowo, menyampaikan bahwa untuk peserta kegiatan ada sebanyak ratusan orang dan mendatangkan tiga pemateri. Kemudian juga diisi dengan praktik mengendarai kendaraan di halaman Makorem 132 Tadulako. “Kegiatan yang kami laksanakan merupakan perintah dari komando atas, yang bertujuan untuk mendukung pelaksanaan operasi Gaktib dan Operasi Yustisi tahun 2020. Sehingga dengan tujuan dilakukannya kegiatan ini bisa mengurangi pelanggaran lalu lintas di wilayah Korem 132 Tadulako,” jelasnya.

- Periklanan -

Danrem 132 Tadulako, Kolonel Inf Agus Sasmita, mengungkapkan pasca bencana tingkat kendaraan sudah mulai memunculkan kepadatan, bahkan berapa kali terjadi adanya kemacetan saat jam kantor dan jam pulang kantor, serta di waktu menjelang hari libur, dan hal itu sangat berpotensi dalam kerawanan kecelakaan berlalulintas.

Angka kecelakaan di tahun 2019 milik Dit Lantas Polda Sulteng menunjukkan angka kecelakaan lalu lintas sebanyak 575 kejadian, yang mengakibatkan status kematian 30 kasus, 920 cedera luka-luka, dan di catatan Kodam XIII Merdeka ada 12 meninggal dunia akibat laka lantas, 9 cedera, sedangkan untuk jajaran Korem 132 Tadulako ada 4 kejadian kecelakaan. “Salah satu akibat kecelakaan adalah minimnya pengetahuan tentang keselamatan berkendaraan, meski kita sudah patuh berlalu lintas, namun pengendara lain tidak, juga akan membahayakan dan terjadinya kecelakaan,” ujar Agus.

Apalagi masih adanya anak di bawah umur sudah menggunakan kendaraan, tentunya itu harus diadakan sosialisasi, dan POM juga bisa menertibkan. Sehingga dengan dilaksanakan kegiatan safety riding dan safety driving, peran serta seluruh prajurit Korem 132 Tadulako dapat mematuhi peraturan yang jelas atas tertib berlalu lintas. “Agar bisa menjadi contoh bagi masyarakat, tentunya prajurit Korem dapat mengetahui tentang tertib berlalu lintas, dan pengetahuan kenyamanan dalam berkendara,” tutup Agus Sasmita. (who)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.