Potensi Hujan di Sulteng Berlangsung Hingga Juni

- Periklanan -

POTENSI HUJAN: Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Klas II Palu, Warjono melihat wilayah yang berpotensi hujan ringan hingga lebat, Jumat (9/3). (Foto:Muhammad Hasby)

PALU – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas II Mutiara Palu memprediksikan hampir seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) berpotensi turun hujan ringan hingga hujan lebat sampai bulan Juli.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Klas II Palu, Warjono mengungkapkan, untuk saat ini dan beberapa hari kedepan hampir seluruh wilayah Provinsi Sulteng diselimuti awan tebal. Wilayah yang berpotensi curah hujan tinggi yaitu daerah Morowali Utara, Poso dan Banggai. Namun di Kota Palu saat ini hingga beberapa hari ke depan masih berpotensi hujan ringan hingga sedang.

“Kota Palu sendiri potensi hujan masih gerimis dan wilayah Kabupaten Donggala dan Kabupaten Sigi sudah turun hujan disertai angin kencang,” ungkap Warjono kepada Radar Sulteng ditemui di ruang kerjanya, kemarin (9/3).

Warjono mengungkapkan, untuk Wilayah Sulteng dibagi menjadi dua wilayah, yaitu wilayah Barat dan wilayah Timur. Wilayah Barat terdiri dari Parigi Moutong, Palu, Donggala  dan Sigi, kemudian wilayah Timur terdiri Banggai, Tojo Una-una, termasuk Buol.

- Periklanan -

“Untuk wilayah Sulteng Barat datangnya musim kemarau itu pada awal bulan Juli 2017, sedangkan wilayah Sulteng Timur memasuki musim kemarau pada awal bulan September 2017,” ujarnya.

Walaupun untuk Kota Palu potensi curah hujan masih ringan, Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Klas II Palu itu mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dengan hujan lebat yang datang tiba-tiba. Apalagi wilayah Sulteng yang memiliki banyak sungai.

“Kami tetap mengimbau agar masyarakat waspada dengan datangnya hujan lebat secara tiba-tiba,” katanya.

Selain itu Warjono menambahkan, sejauh ini cuaca yang tidak normal belum sampai mengganggu penerbangan. Menurutnya aktivitas penerbangan masih berjalan normal sesuai dengan jadwal yang ada.

“Selama ini cuaca belum mengganggu aktivitas penerbangan, namun kita tetap antisipasi dengan adanya hujan lebat yang disertai angin kencang,” tutupnya. (cr9)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.