Poso Tak akan Serahkan Danau Tambing ke Sigi

- Periklanan -

Danau Tambing (@bmzIMAGES)

POSO-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso menyatakan, tak akan pernah mau merubah tapal batas wilayahnya dengan Kabupaten Sigi di Dongodongi Kecamatan Lore Utara.

Poso pun meminta Pemkab Sigi menghormati dan menaati tapal batas yang ada sekarang, sesuai titik kordinat yang sudah ditetapkan. “Batas wilayah Poso dengan Sigi sudah jelas berdasar

titik-titik kordinat yang ada. tidak bisa dimajukan dan atau di mundurkan,” kata Wakil Bupati Poso, Samsuri MSi.

Karena tapal batasnya sudah ditetapkan, Poso pun memastikan tidak akan berkompromi dengan Sigi yang menginginkan batas wilayah yang sudah ada dirubah dan dipindahkan hingga ke Danau Tambing.

“Jarak antara batas wilayah yang ada sekarang dengan Danau Tambing masih sekitar 10 kilometer. Tidak mungkinlah kita mau serahkan wilayah kita ke daerah lain,” jelas Wabup.

Sebenarnya, menurut Wabup, Poso sudah dirugikan dengan tapal batas wilayah yang ada sekarang. Sebab batas wilayah tersebut sudah mencaplok wilayah Poso sejauh 3 kilometer.

- Periklanan -

“Dengan batas yang ada sekarang saja, wilayah kita sudah diambil 3 kilometer. Masak kita mau serahkan lagi 10 kilometer hingga ke Danau Tambing. Ya tidak mungkinlah kita mau,” tukas Wabup dua periode ini.

Untuk mempermanenkan batas wilayah Poso-Sigi di Dongidongi yang sudah ada, Pemkab Poso akan segera membangun tugu dan pintu-gerbang.

Soal komitmen Poso tak mau berkompromi lagi merubah tapal batas wilayah yang ada, sudah disampaikan kepihak Pansus III DPRD Sigi saat

melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke DPRD Poso beberapa waktu lalu.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Poso saya sudah paparkan dengan gambar ke tim Pansus III DPRD Sigi soal batas-batas wilayah Sigi-Poso

di Dongidongi. Dan batas wilayah yang sudah ada itu tidak mungkin untuk dirubah,” tandas Wabup Samsuri.

Saat pemaparan tersebut, lanjut Wabup, tim pansus DPRD Sigi sangat memahami sikap Poso. Diharapkan sikap serupa juga muncul dari pihak eksekutif Sigi.(bud)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.