alexametrics Porbikawa Sulteng Gelar Rakor Perdana – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Porbikawa Sulteng Gelar Rakor Perdana

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU-Ketua Persatuan Olahraga Beladiri Ishikawa Karate-do Indonesia (Porbikawa) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Mohammad Irwan Lapata, membuka dengan resmi rapat koordinasi (Rakor) perdana pengurus Provinsi, yang digelar di kantor Kecamatan Palu Barat Kota Palu, Kamis kemarin (4/3).

Pada kesempatan itu, Mohammad Irwan Lapata yang juga bupati Sigi terpilih, mengatakan, sebagai organisasi olahraga beladiri yang masih baru, Probikawa Sulteng harus banyak berlari untuk sejajar dengan organisasi olahraga beladiri lainnya dengan berbagai upaya.

Salah satu upaya yang dilakukan dalam waktu dekat ini adalah mendirikan sekretariat organisasi yang kapabel. Bahkan kalau bisa sekretariatnya berada di Kota Palu. Karena strategisnya sebuah organisasi selevel organisasi olahraga beladiri yang berada di Provinsi sebaiknya berada di pusat kota, yaitu ibukota provinsi.

“ Langkah pertama yang akan kita lakukan adalah menyiapkan satu tempat sebagai sekretariat organisasi. Dan sekretariatnya itu harus berada di Kota Palu, “ tegas Irwan.

Setelah sekretariat sudah ada, baru kemudian dilengkapi dengan sarana pendukung, minimal ada satu unit computer dan meja biro di dalamnya untuk mendukung jalannya organisasi ini, setelah itu perangkat-perangkat lainnya.

Selaku pimpinan Porbikawa Sulteng, Mohammad Irwan berharap seluruh komponen organisasi agar berkerja keras mewujudkan cita-citanya menjadi salah satu organisasi olahraga beladiri yang disegani dan diperhitungkan.

“ Tentu yang kita perkuat di sini adalah manejerial dari organisasi itu sendiri, “ tandasnya.

Sedangkan, Ketua Hidanis atau majelis sabuk hitam Porbikawa Sulteng sempai Baharudin, yang didampingi Sekretaris Umum (Sekum) Umar Turungku banyak menjelaskan soal keberadaan Porbikawa di Indonesia termasuk sejarah lahirnya Porbikawa yang berasal dari China, kemudian masuk ke Jepang.

“ Porbikawa ini, tidak sekadar Karate saja, tetapi campuran dari berbagai aliran beladiri, misalnya ju jit su, judo, gulat, kungfu, tinju, dan sebagainya. Sehingga olahraga beladiri yang dinaungi oleh Porbikawa ini adalah olahraga beladiri yang lengkap dan banyak menggunakan alat, seperti toya atau tongkat, double stik, pisau, dan samurai, “ beber Baharuddin.

Porbikawa ini diminati oleh para aktor-aktor laga Indonesia, salah satunya adalah Willy Dozen, dan beberapa aktor laga yang terkenal lainnya. Kalau dari Amerika adalah aktor Steven Seagel.

Sementara itu, Sekretaris Umum (Sekum) Porkibawa Sulteng, Umar Turungku juga menjelaskan rencana kedepan setelah Porbikawa ini berjalan dengan baik akan menggelar open turnamen tingkat dunia, baik kumite maupun keindahan kata, dengan nama Piala Mohammad Irwan Lapatta, yang akan dihelat di gedung Olahraga Baru di dekat lapangan Golf Kota Palu.

Sedangkan, Camat Palu Barat selaku tuan rumah Rakor, Kapau Bouwo, menyatakan sangat mendukung dilakukannya rakor perdana di Kota Palu. Bahkan dirinya siap untuk mencari pihak-pihak atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pemerintah Kota (Pemkot) Palu yang siap bergabung di Porbikawa Sulteng yang dipimpin Mohammad Irwan Lapatta, seperti security, Damkar, TNI dan Polri yang ada di Kota Palu.

“ Saya sangat mendukung kegiatan dan program Porbikawa Sulteng, “ cetus Kapau Bouwo.(mch)

*) Berita ini sudah terbit di koran harian Radar Sulteng edisi hari Jumat 5 Februari 2021.

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.